Berbagi Pengetahuan Terkait Komunikasi, Aspikom Jabar Luncurkan Delapan Judul Buku

Peluncuran delapan buku ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Istimewa/ Aspikom
Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Jabar, Rabu (15/12/2021) meluncurkan delapan judul buku karya dosen anggota Aspikom Jabar. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Jabar, Rabu (15/12/2021) meluncurkan delapan judul buku karya dosen anggota Aspikom Jabar.

Peluncuran delapan buku ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Delapan judul buku yang diluncurkan tersebut adalah Analisis Iklan Televisi (Freddy Yusanto/ Tel-U), Protokol dan Aturan Keprotokolan, (Rismawati/UNIKOM), Formula Komunikasi (Dyah Rahmi Astuti/UIN SGD), Komunikasi Pemasaran E-Commerce (Melly Maulin/Unikom).

Baca juga: Silvi Siswi Pangandaran Juara Baca Tulis Aksara Sunda se Jabar, Jarang Main HP dan Rajin Baca Buku

Selain itu ada juga; Komunikasi Bisnis (Hasim/Universitas Kebangsaan), Audit Komunikasi Pembangunan (Nuraeni/Univ Subang), Metodelogi Penelitian Komunikasi Kuantitatif (Desayu Eka Surya/Unikom), Kelompok Sebaya (Destiana Chusnul Chatimah/Univ Putra Indonesia).

Ketua Aspikom Korwil Jabar, Dr Ani Yuningsih MSi dan Ketua Aspikom Pusat, Dr Muhammad Sulhan menyatakan bangga dengan karya delapan dosen anggota Aspikom Jabar ini.

Menurut Sulhan, buku merupakan karya ilmiah yang memiliki nilai tinggi. Namun menulis buku tantangan juga berat. Dibutuhkan effort yang luar biasa secara personal.

“Effort personal tidak gampang untuk ditularkan kepada orang lain, setiap orang punya sensitivitas berbeda dan semangat juga berbeda,” ujar Sulhan.

Hal senada diungkapkan Ani Yuningsih, menurutnya karya buku merupakan wahana atau instrument peningkatan kompetensi dosen.

Menulis buku juga salah satu cara untuk berbagi ilmu pengetahuan karena teori acakali berbeda atau ketinggalan jauh dengan praktik-pratik di lapangan.

Manfaat lainnya kata Ani selain untuk membantu individu dosen untuk kenaikan jabatan fungisonal, juga berpengaruh terhadap penilaian kinerja institusi dimana penulis buku itu berkiprah, diantaranya terhadap ekreditasi program studi dan fakultas.

Baca juga: Silvi Siswi Pangandaran Juara Baca Tulis Aksara Sunda se Jabar, Jarang Main HP dan Rajin Baca Buku

Ketua Dep. Litbang dan PKM Aspikom Jabar, Dr. Rismawaty, M.Si, menyatakan penulisan buku merupakan salah satu dari realisasi program kerja departemennya. Risma mengatakan akan membuka kesempatan untuk penulisan buku tahap ke-2 yang akan diadakan pada bulan April atau Mei 2022.

Program penulisan buku ini, sambung Rismawati terbuka bagi anggota Aspikom Jabar. Mereka yang berminat mengikuti writing camp selama 5 bulan sejak dari Maret 2021 bekekadama dengan penerbit Intrans Publishing. Program penulisan buku tahap ke-2 akan diadakan pada mulai April 2022 mendatang.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved