Breaking News:

Banyak Dialami Publik Figur, Waspadai Gejala Gagal Jantung, Jangan Sepelekan Rasa Kelelahan

Cukup banyak publik figur yang mengalami gagal jantung karena itu perlu waspada gejala gagal jantung salah satunya rasa kelelahan

Editor: Siti Fatimah
Istimewa
Ilustrasi serangan Jantung 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kerap kali kita mendengar para pesohor meninggal mendadak dan kemudian ternyata diduga akibat serangan jantung. Bahkan belum lama ini, dua tokoh publik juga disebut meninggal akibat penyakit jantung.

Hingga kini, penyakit jantung masih menjadi silent killer.

Banyak kasus, seseorang terlihat sehat namun tiba-tiba dikabarkan meninggal akibat serangan jantung.

Baca juga: Kian Banyak Dialami Orang, Overwork Sebabkan Gagal Jantung? Bisa Terjadi Tiba-tiba

Dikutip dari laman resmi Unair, gagal jantung bisa terjadi kepada siapa saja. Tua atau muda, laki-laki atau perempuan punya potensi yang sama mengidap gagal jantung.

Bahkan beberapa waktu lalu publik sempat dikejutkan oleh kabar meninggalnya artis muda yang diakibatkan oleh gagal jantung. Dr. Andrianto, dr., Sp.JP(K) FIHA, FAsCC yang merupakan pengajar Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengatakan bahwa gagal jantung adalah kumpulan gejala akibat jantung tidak mampu memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. 

“Jantung tidak bisa menjalankan fungsinya akibat dari gangguan komponen organ jantung baik otot, katup, pembuluh darah, atau irama jantung. Gangguan ini yang bisa mengakibatkan gagal jantung jika tidak ditangani dengan baik,” katanya.

Baca juga: Wali Kota Bandung Meninggal Kena Serangan Jantung, Mang Oded Akan Dimakamkan di Tasikmalaya

Andrianto menjelaskan bahwa gagal jantung tidak terjadi secara tiba-tiba. Gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung pasti muncul terlebih dahulu.

Secara umum gejala yang dapat dirasakan adalah dada berdebar, nyeri atau rasa tidak nyaman di dada, pingsan, hingga wajah pucat kebiruan.

Bila gejala tersebut berlanjut menjadi gagal jantung maka akan ditemukan gejala sesak napas atau rasa tidak nyaman saat seseorang bernapas. 

“Pada awal gagal jantung sesak napas muncul saat seseorang beraktivitas berat tetapi dengan memburuknya keadaan sesak napas bisa muncul ketika seseorang sedang beraktivitas ringan,” katanya.

Baca juga: Gejalanya Sesak Napas Seperti Kelelahan, Ternyata Itu Tanda Penyakit Langka pada Jantung

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved