Breaking News:

Kian Banyak Dialami Orang, Overwork Sebabkan Gagal Jantung? Bisa Terjadi Tiba-tiba

Ketika seseorang mengalami overwork maka akan terjadi peningkatan beban yang berlebihan melampaui beban normal jantung semestinya

Editor: Siti Fatimah
Istimewa
Ilustrasi penyakit jantung. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pada jarak yang berdekatan dua tokoh terkenal menghembuskan nafas terakhir dan diduga akibat jantung. Sebelumnya juga banyak pesohor atau publik figur yang meninggal akibat jantung.

Dikutip dari laman resmi Unair, permasalahan pada jantung bisa terjadi kepada siapa saja. Salah satu permasalahan yang kerap terjadi adalah gagal jantung.

Namun tidak semua orang dapat menyadari dengan baik bahwa dirinya mengalami permasalahan pada jantung.

Baca juga: Wali Kota Bandung Meninggal Kena Serangan Jantung, Mang Oded Akan Dimakamkan di Tasikmalaya

Kebanyakan fenomena yang terjadi di masyarakat adalah seseorang yang tiba-tiba dinyatakan meninggal sehabis bekerja dan diduga akibat gagal jantung

Dr. Andrianto, dr., Sp.JP(K) FIHA, FAsCC yang merupakan pengajar Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengatakan bahwa ketika seseorang mengalami overwork maka akan terjadi peningkatan beban yang berlebihan melampaui beban normal jantung semestinya.

Secara otomatis jantung akan memenuhi kebutuhan tubuh melalui mekanisme kompensasi.

Mekanisme ini pada dasarnya adalah daya kerja cadangan jantung yang digunakan untuk mengatasi beban kerja jantung berlebih. 

“Pada titik tertentu mekanisme kompensasi jantung akan gagal dan jika terjadi overload maka hal ini bisa mengakibatkan gagal jantung,” ujarnya.

Baca juga: Update Haji Lulung yang Koma setelah Kena Serangan Jantung, Ada Perkembangan Bagus tapi Masih di ICU

Gagal jantung bisa terjadi secara akut atau kronik.

Gagal jantung akut terjadi pada seseorang yang sebelumnya tidak tahu jika memiliki kelainan jantung tertentu dan kemudian mengalami gejala gagal jantung secara tiba-tiba.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved