Breaking News:

Jaga Pasokan Listrik Stabil Jelang Nataru 2022, PLN UP3 Sumedang Apel Siaga Personel Teknis

Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Sumedang menggelar apel siaga kelistrikan, Selasa (14/12/2021) di Desa Mekarjaya, Sumedang Utara, Sumedang. Apel b

PLN
Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Sumedang menggelar apel siaga kelistrikan, Selasa (14/12/2021) di Desa Mekarjaya, Sumedang Utara, Sumedang. 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Sumedang menggelar apel siaga kelistrikan, Selasa (14/12/2021) di Desa Mekarjaya, Sumedang Utara, Sumedang. Apel bersama para petugas teknis itu dilakukan untuk memastikan pasokan listrik terjaga saat menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Manajer PLN UP3 Sumedang Redi Susanto mengatakan apel siaga kelistrikan sesungguhnya hal yang rutin dilakukan internal PLN UP3 Sumedang, namun kali ini ada momentum Nataru.

Manajer PLN UP3 Sumedang Redi Susanto melakukan pengecekan peralatan kelistrikan.
Manajer PLN UP3 Sumedang Redi Susanto melakukan pengecekan peralatan kelistrikan. (PLN)

"Kami melihat kembali apa yang kurang. Ada penambahan alat baru kaitannya dengan cuaca hujan. Teman-teman di lapangan yang mengikuti apel ini sangat diperlukan jika ditemukan gangguan listrik," kata Redi Susanto kepada TribunJabar.id seusai apel.

Menurut Redi, tugas PLN, adalah para personel PLN harus andal, PLN harus meningkatkan suplai kepada pelanggan, yakni masyarakat, PLN harus mengefisiensikan kegiatan, dan terakhir meningkatkan kepuasan pelanggan.

Manajer PLN UP3 Sumedang Redi Susanto (tengah) usai menggelar apel siaga kelistrikan, Selasa (14/12/2021) di Desa Mekarjaya, Sumedang Utara, Sumedang.
Manajer PLN UP3 Sumedang Redi Susanto (tengah) usai menggelar apel siaga kelistrikan, Selasa (14/12/2021) di Desa Mekarjaya, Sumedang Utara, Sumedang. (PLN)

"Kami persiapkan sesuai prediksi kendala saja. Tidak kami sebar personel di setiap gereja atau tempat-tempat vital di Sumedang dan Majalengka, karena tidak akan cukup. Kecuali di sejumlah gereja besar yang akan dipakai untuk kebaktian," kata Redi.

Redi memastikan menjelang Nataru 2022 ini pasokan 450 mega watt untuk Sumedang dan Majalengka tidak akan mengalami kendala baik dari sisi distribusi maupun pembangkit. Begitu pun jika ada kendala yang diakibatkan oleh bencana alam, tim sudah siap untuk menangani kendala itu.

Jaga Pasokan Listrik Stabil Jelang Nataru 2022, PLN UP3 Sumedang Apel Siaga Personel Teknis
Jaga Pasokan Listrik Stabil Jelang Nataru 2022, PLN UP3 Sumedang Apel Siaga Personel Teknis (PLN)

"Sesungguhna fokus antisipasi bencana sejak November. Personel disiapkan, cuti sudah dibatasi, semua standby. Kami siapkan material utama seperti tiang besi karena lebih mudah untuk mobilisasi," kata Redi.

Selain menyiapkan personel untuk menghadapi Nataru 2022 dan juga antisipasi ganguan listrik akibat bencana, Redi juga mengimbau masyarakat tetap memerhatikan keselamatan di rumah masing-masing berkaitan dengan listrik. Selain itu, juga masyarajat turut melaporkan potensi gangguan listrik.

Jaga Pasokan Listrik Stabil Jelang Nataru 2022, PLN UP3 Sumedang Apel Siaga Personel Teknis
Jaga Pasokan Listrik Stabil Jelang Nataru 2022, PLN UP3 Sumedang Apel Siaga Personel Teknis (PLN)

"Perhatikan keselamatan, kalau ada pohon dekat dengan jaringan, bisa melapor ke PLN via mobile atau call center 123, atau langsung ke kantor," kata Redi.

Khusus keselamatan di rumah, Redi mengatakan sebaiknya jika hujan deras disertai petir, semua alat elektronik dicabut dari sambunganya ke listrik.

"Kalau dikhawatrikan akan parah, matikan listrik dari MCB-nya," katanya seraya menyebut ada 19 lokasi di Sumedang dan Majalengka yang rawan bencana dan akan mengganggu pasokan listrik. 12 titik di Sumedang dan 7 di Majalengka.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved