Kick Off Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Akan Dihadiri Jokowi, Stok Vaksin 100 Juta

Terkait stok vaksin Budi menyampaikan, jumlah vaksin Covid-19 yang ada dalam negeri tercatat 384 juta dosis, di mana 250 juta dosis telah disuntikkan

Editor: Ravianto
Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri kick off pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, Selasa (14/12/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri kick off pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, Selasa (14/12/2021).

"Kami juga ingin menyampaikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan mulai besok dan insyaallah akan diresmikan oleh Bapak presiden sendiri," ujar Menkes dalam konferensi pers perpanjangan PPKM, Senin (13/12/2021).

Ia mengatakan, untuk sementara baru vaksin Sinovac yang akan dipakai dalam vaksinasi kelompok ini.

Lantaran, sejauh ini BPOM baru mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin besutan China itu.

"Vaksinasi yang akan diberikan, untuk anak usia 6-11 tahun yang sudah disetujui BPOM adalah Sinovac," jelas mantan wamen BUMN ini.

Terkait stok vaksin Budi menyampaikan, jumlah vaksin Covid-19 yang ada dalam negeri tercatat 384 juta dosis, di mana 250 juta dosis telah disuntikkan kepada masyarakat.

"Kita stok vaksinnya tinggi sekali hampir 100 juta dosis. Biasanya stok vaksin kita hanya 50 juta dosis," kata dia.

Dan sebagian besar yang ada saat ini terdiri dari vaksin Astrazeneca, Moderna, dan Pfizer.

"Semua vaksin aman dan efikasi yang ada sekarang ini baik,” ucapnya.

Sebelumnya, disampaikan Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu, pihaknya sudah mempersiapkan kick off pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 - 11 tahun.

"Kami harapkan hari Selasa (14/12) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun yang totalnya berdasarkan data itu ada 26,8 juta," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (13/12/2021).

Dilakukan Bertahap

Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.

Sampai saat ini sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut, yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali. 

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved