Breaking News:

Iptek Bagi Mahasiswa Untuk Pengaplikasian Multimedia (game) Berbasis Android

Universitas Bhakti Kencana membuat praktikum secara virtual melalui games berbasis andorid, sehingga akan lebih tergambar proses praktikum yang biasa

Praktikum blanded daring dan luring 

TRIBUNJABAR.ID, Bandung, Hampir dua tahun, covid-19 telah melanda Indonesia dan seluruh dunia. Hal ini menuntut perubahan dari berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan, pertemuan yang biasanya tatap muka sekarang diganti dengan platform digital seperti zoom, meet, dan media yang lainnya.

Perubahan ini mengharuskan pendidik dan mahasiswa untuk beradaptasi agar terlaksananya pendidikan walaupun tidak bertatap muka secara langsung. Namun demikian, tidak semua mata kuliah dapat terakomodir dengan baik oleh platform digital tersebut.

Permasalahan yang krusial terjadi adalah dalam pelaksanaan praktikum sains yang berorientasi pada keterampilan dari mahasiswa untuk melakukan suatu pengetahuan Praktikum merupakan mata kuliah yang menekankan pada psikomotor dan kognitif, sehingga memang perlu dipraktekkan atau dicoba secara langsung.

Oleh karena itu tim pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Bhakti Kencana membuat praktikum secara virtual melalui games berbasis andorid, sehingga akan lebih tergambar proses praktikum yang biasa dilakukan di laboratorium.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat
Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ()

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di sekitar Kampus Universitas Bhakti Kencana, Bandung, dengan sasaran mahasiswa baru angkatan 2021-2022. Hasil kuesioner rerata mahasiswa baru belum pernah melakukan pratikum kimia dan hanya beberapa orang yang telah melaksanakan praktikum kimia.

Pelaksanaan pengmas ini dibagi dua secara daring dan secara luring, untuk secara luring dibatasi sekitar 10 mahasiswa dan sisanya mengikuti secara daring menggunakan zoom meeting. Pelaksana pengabdian msyarakat adalah dosen (Kelompok 24) Universitas Bhakti Kencana, Bandung melalui pendanaan Hibah PengMas Internal, Universitas Bhakti Kencana, Bandung, tahun 2021.

Kelompok 24 ini terdiri dari 5 dosen dari berbagai bidang ilmu yang akan membantu memberikan solusi terhadap permasalahan dari mitra.Adapun dosen yang terlibat adalah Dosen dari Fakultas Farmasi: Ivan Andriansyah. M.Pd; Dr. Aiyi Asnawi; Dewi Kurnia, M.Si;dan Idar, M.Si; dan Dosen dari Fakultas Keperawatan yaitu H. Manaf, Bsc., S.Pd., MM. yang merupakan dosen dari Universitas Bhakti Kencana.

Tim pelaksana PengMas ini mempersiapkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyusun perencanaan mulai dari pembuatan skrip untuk media games lab, pembuatan media games lab, dan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan dimulai dengan sosialisasi terhadap mahasiswa dan mengukur pengalaman mahasiswa mengenai praktikum kimia. Sebagai pembanding, dilakukan praktikum secara daring kepada mahasiswa dengan cara menampilkan video praktikum. Hal ini dilakukan untuk melihat pengalaman mahasiswa praktikum menggunakan video, praktikum secara langsung dan praktikum menggunakan media pembelajaran via games online.

Puncak pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada hari Sabtu, 11 Desember 2021, disambut baik oleh mahasiswa. Hal ini terlihat dari saat pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat mahasiswa antusias dan interaktif dalam mengerjakan atau mencoba aplikasi ini.

Selain itu juga hasil dari kuesioner yang dibagikan rerata mahasiswa menyukai dan berharap dibuat aplikasi lagi untuk praktikum pada mata kuliah yang lain. Tim pengabdian kepada masyarakat berharap dengan adanya aplikasi lab berbasis games online ini akan meminimalisir gap antara praktikum yang dilakukan secara daring maupun secara luring, walaupun tidak akan bisa menggantikan praktikum yang dilakukan secara langsung di laboratorium.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved