Breaking News:

Edukasi Kesehatan Wanita Usia Subur Dalam Mempersiapkan Kehamilan

beberapa dosen dari Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Raihany Sholihatul Mukaromah, S.Kep., Ners., M. Kep. (Dosen Fakultas Keperawatan) de

Dosen Universitas Bhakti Kencana Bersama petugas PLKB, bidan, kader di kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi, Jawa Barat dan Desa Tegorejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah. 

TRIBUNJABAR.ID, Kehamilan yang sehat membutuhkan persiapan fisik, mental dan pengetahuan, oleh karena itu perencanaan kehamilan harus dilakukan sebelum masa kehamilan oleh wanita usia subur (WUS). Proses kehamilan yang direncanakan dengan baik akan berdampak positif pada kondisi janin dan adaptasi fisik serta psikologis ibu pada kehamilan menjadi lebih baik. Ketidaksiapan kondisi fisik, mental dan kurangnya pemahaman wanita usia subur saat kehamilan ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kondisi kegawatdaruratan yang berakibat kesakitan yang berat bahkan kematian ibu dan janinnya.

Untuk dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut, beberapa dosen dari Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Raihany Sholihatul Mukaromah, S.Kep., Ners., M. Kep. (Dosen Fakultas Keperawatan) dengan anggota tim yaitu Dr. apt. Patonah, MSi., (Dosen Fakultas Farmasi), Fikri Mourly W., M.K.M., (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Dra. Trijani Moedjiherwati, M. Kes, (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Ira Adiyati Rum, MSi. (Dosen Fakultas Farmasi) dan Shinta Ayu Nani, ,S.S.T.,M.Kes. (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), telah melakukan Pengabdian Masyarakat dengan melaksanakan talkshow dan webinar.

Kegiatan talkshow dan webinar dengan peserta Wanita Usia Subur (WUS) wilayah kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi, Jawa Barat dan Desa Tegorejo Kabupaten Kendal melalui media zoom.
Kegiatan talkshow dan webinar dengan peserta Wanita Usia Subur (WUS) wilayah kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi, Jawa Barat dan Desa Tegorejo Kabupaten Kendal melalui media zoom. ()

Kegiatan talkshow dilaksanakan dengan metode hybrid daring dan luring di dua wilayah yaitu kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi, Jawa Barat dan Desa Tegorejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah melalui media zoom dan live streaming youtube pada hari kamis, 18 November 2021, dengan pemateri dari seluruh dosen tim pengabdian masyarakat kelompok 35 dengan tema “Mempersiapkan kehamilan, ibu dan bayi sehat” dan webinar yang dilaksanakan pada hari kamis 25 November 2021 dengan narasumber yaitu ibu Titik Umi Kulsum, S.ST.Keb. (Ketua 1 Pengurus Cabang IBI Kab. Kendal) dengan tema “Mempersiapkan kehamilan untuk mencegah resiko kegawatdaruratan”.

Pelaksanaan kegiatan talkshow dan webinar ini secara langsung dihadiri oleh petugas PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana), bidan, kader dan sasaran peserta, ibu wanita usia subur di dua wilayah yaitu kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi, Jawa Barat dan Desa Tegorejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Setelah pelaksanaan talkshow dan webinar ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada wanita usia subur (WUS) dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat dan antisipasi secara dini jika terdeteksi adanya resiko kegawatdaruratan selama kehamilan. Evaluasi kegiatan pengabdian ini yaitu mengukur tingkat pengetahuan WUS dengan pengisian kuesioner pre – post test dan pemberian buku saku kepada peserta.

Kegiatan talkshow dan webinar ini merupakan rangkaian dari pengabdian masyarakat tim dosen Universitas Bhakti Kencana dengan beragam kepakaran yaitu keperawatan, farmasi, kebidanan, kesehatan masyarakat dan anestesi, sehingga diharapkan dapat memberikan edukasi yang komprehensif mencakup asuhan keperawatan, kebidanan, kefarmasian kepada WUS dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan dengan minimal resiko kegawatdaruratan.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved