Breaking News:

Cegah Stunting Melalui Optimalisasi Peranan Orang Tua Dan Kreasi Cemilan Sehat

Universitas Bhakti Kencana (UBK) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul CEGAH STUNTING MELALUI OPTIMALISASI PERANAN ORANG TUA D

Kegiatan Tim PengmasDosen UBK dengan Kader Posyandu RW 3 CibiruHilir 

TRIBUNJABAR.ID, Universitas Bhakti Kencana (UBK) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul CEGAH STUNTING MELALUI OPTIMALISASI PERANAN ORANG TUA DAN KREASI CEMILAN SEHAT. Kegiatan ini merupakan salah satu komponen Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh para dosen dibawah bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bhakti Kencana Bandung. Pengabdian kepada masyarakatini diketuai oleh Eki Pratidina, S.Kp.,MM. dengan lima orang anggota dosen lainnya, yaitu Sri Lestari Kartikawati, M.Keb., Denni Fransiska Helena M., S.Kp., M.Kep., apt. Hendra Mahakam Putra, M.S.Farm., Myrna Anissaniwaty, S.Psi, M.Psi., dan Rahma Ziska, M.Si. Kegiatan ini dilakukan pada bulan November 2021 dengan mitra Posyandu di RW 3 Desa Cibiru Hilir dan Kader RumahDesaSehat (RDS). Adapun sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruhbalita yang termasuk dalam kategorikekurangan gizi (wasting) di wilayah RW 3.

Kegiatan skrining balita dan pemaparan materi tentang pola asuh anak di RW 03(05/11/21)
Kegiatan skrining balita dan pemaparan materi tentang pola asuh anak di RW 03 (05/11/21) ()

Pemilihan lokasi mitra ditentukan berdasarkan hasil analisis situasi. Presentase wasting (kurang gizi) pada balita di RW 3 Cibiru Hilir dibandingkan dengan RW lainnya termasuk daerah yang perlu mendapatkan perhatian khusus karena angkanya masih lebih tinggi. Penyebab lain kejadian wasting dan stunting secara tidak langsung dipengaruhi oleh pola asuh ibu terhadap balitanya. Orangtua harus menyesuaikan pola asuh anak dan memperhatikan tumbuh kembang anak di tengah pandemik COVID-19. Pentingnya pengembangan pola asuh pada balita yang disesuaikan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua seperti perilaku mencuci tangan pakai sabun, pembiasaan makan makanan rumah yang sehat diolah dengan baik dan bervariasi di rumah. Variasi makanan yang disajikan di rumah dapat menjadi daya tarik anak untuk mau makan dan meningkatkan nafsu makan anak, sehingga diharapkan berat badan anak tidak mengalami penurunan.

Penjelasan cara membuat kemilan sehat untuk balita di RW 03 Desa Cibiru Hilir (12/11/21)
Penjelasan cara membuat kemilan sehat untuk balita di RW 03 Desa Cibiru Hilir (12/11/21) ()

Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sekali, yaitu setiap hari Jum’at pada Minggu pertama, kedua dan ketiga bulan November 2021 yang bertempat di Posyandu RW 03. Pada Minggu pertama (05/11/21), kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan/screening kesehatan pada balita untuk mengetahui tingkat status gizi balita di masa pandemi COVID-19. Skrining yang dilakukan meliputi berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak. Para Ibu yang membawa balita juga diminta untuk mengisi kuesioner terkait dengan pola pengasuhan yang merupakan salah satu faktor pencetus balita wasting, selain faktor kondisi ekonomi. Myrna Anissaniwaty, S. Psi, M.Psi., sebagai salah satu dosen pengampu di Fakultas Ilmu Sosial Prodi S1 Psikologi di Universitas Bhakti Kencana juga ikut menyampaikan presentasi terkait dengan pola pengasuhan anak. Kegiatan ini juga dihadiri dan didukung oleh Ibu-Ibu kader.

Tim Pengmas LPPM Universitas Bhakti Kencana beserta Kader Posyandu RW03 Cibiru Hilir
Tim Pengmas LPPM Universitas Bhakti Kencana beserta Kader Posyandu RW03 Cibiru Hilir ()

Pertemuan berikutnya dilaksanakan pada Minggu kedua (12/11/21) dengan agenda pemberian keterampilan membuat cemilan sehat. Tim pengmas LPPM UBK mempresentasikan dua menu cemilan sehat, yaitu es krim temulawak sebagai penambah nafsu makan yang disampaikan oleh apt. Hendra Mahakam Putra, M.S.Farm. dan puding buah oleh Rahma Ziska, M.Si. yang keduanya merupakan dosen Fakultas Farmasi UBK. Setelah menonton video dan mendengarkan penjelasan yang disampaikan tentang tahapan pembuatan cemilan sehat, tim pengmas kemudian membagikan produk cemilan sehat kepada masing-masing balita yang hadir.

Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan orangtua balita di RW 03 Cibiru Hilir terhadap pola asuh, khususnya dalam pemberian makanan bergizi dan memperhatikan tumbuh kembang balitanya.Dengan demikian, maka angka kekurangan gizi balita di wilayah tersebut dapat dikurangi.

Sebagai rangkaian penutupan(19/11/21), tim pengmas LPPM UBK membagikan kuesioner kepada orangtua balita sebagai sarana evaluasi keberhasilan kegiatan ini. Selain kuesioner, yang menjadi parameter keberhasilan dalam bentuk nyata adalah perubahan sikap dan perilaku para orangtua balita melalui pengamatan langsung baik melalui kader posyandu dan program pendampingan orangtua balita. Kegiatan ini ditutup oleh ketua tim Pengmas, Eki Pratidina, S.Kp.,MM. dengan penyerahan cinderamata berupa kalender meja kepada mitra yang berisi foto-foto selama kegiatan berlangsung dan materi Pola Asuh Orangtua dalam Pemberian Makan pada Balita, Masalah makan pada anak.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved