Breaking News:

Longsor di Ciamis

Longsor Tebing Setingi 20 meter di Panawangan Ciamis, Jalur Cogreg-Cimeneung Putus

Alat berat sudah dikerahkan ke Desa Mekarbuana untuk menyingkirkan material longsor.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
foto/Dok Sekdes Mekarbuana Asep Kuswandi
Alat berat dikerahkan untuk menyingkirkan material longsor yang menimbun jalan di Desa Mekarbuana, Ciamis. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Longsor tebing setinggi 20 meter dengan panjang 50 meter di Blok Siwur, RT 01/07, Desa Mekarbuana, Panawangan, Ciamis, Jumat (10/12/2021) pukul 19.00 malam lalu, telah menimbun ruas jalan desa sepanjang 50 meter dengan ketinggian timbunan longsor mencapai 7 meter.

Puing longsor runtuhan tebing tersebut tidak hanya menimbun ruas jalan tetapi juga menggubur Jembatan Siwur.

Ini membuat arus lalu lintas yang menghubungkan Dusun Cogreg dengan Dusun Cimeneum, Desa Mekarbuana putus total.

Jangankan mobil maupun sepeda motor, pejalan kaki saja tidak bisa lewat menyusul tertimbunnya badan jalan desa tersebut sepanjang 50 meter.

“Sampai  sore ini, pejalan kaki masih belum bisa lewat. Jalan masih tertutup longsor,” ujar Sekdes Desa Mekarbuana Panawangan, Asep Kuswandi kepada Tribun Minggu (12/12/2021) sore.

Menyusul longsor tebing tersebut, menurut Asep, sejak Sabtu (11/12/2021) pagi warga sudah bergotong royong menyingkirkan puing longsor secara manual.

“Alhamdulillah tadi pagi, bantuan alat berat sudah datang. Penyingkiran puing longsor sudah menggunakan alat berat oleh teknisi ,” katanya.

Satu alat berat berupa ekskavator dari Dinas PUPR Ciamis sudah tiba di lokasi longsor, Minggu pagi dan langsung melakukan evakuasi timbunan longsor secara  berangsur-angsur.

Meski alat berat sudah mulai bekerja namun ruas jalan yang tertmbun di Blok Siwur tersebut sampai Minggu sore masih belum bisa dilewati pejalan kaki lantaran material longsor masih tebal.

“Sampai sore ini  masih belum bisa dilewati, pejalan kaki saja belum bisa lewat apalagi motor atau mobil. Diperkirakan 2 atau 3 hari lagi baru normal kembali,” ujar Asep.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved