Gubernur Jabar Tunjuk Yana Mulyana jadi Plt Wali Kota Bandung

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menunjuk Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana sebagai pelaksana tugas Wali Kota Bandung menggantikan Oded M Danial

Penulis: Tiah SM | Editor: Mega Nugraha
Wali Kota Bandung, Oded M Danial (kiri) dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. (Dok. Humas Pemkot Bandung) 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menunjuk Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana sebagai pelaksana tugas (PLT) Wali Kota Bandung menggantikan Oded M Danial yang meninggal pada Jumat (10/11/2021).

Hal itu diketahui dari surat bertandatangan dan kop surat Gubernur Jabar yang ditujukan pada Wakil Wali Kota Bandung dan Ketua DPRD Kota Bandung.  Surat itu diteken pada 10 Desember 2021.

Baca juga: Momen Susi Pudjiastuti Tengok Rusa Terluka di Leher Karena Rebutan Betina

Di surat itu, memuat 6 poin. Pertama ucapan bela sungkawa dari Pemprov Jabar atas meninggalnya Oded M Danial dan menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya selama menjabat.

Kedua berisi tentang dasar hukum Pasal 78 ayat 1 huruf A Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur tentang kepala daerah atau wakil kepala daerah berhenti karena meninggal dunia.

Adapun penunukan Yana Mulyana melaksanakan tugas sebagai Wali Kota Bandung tertulis di poin terakhir. 

"Sehubungan hal tersebut dalam rangka menjamin keberlangsungan pemerintah daerahj di Kota Bandung, agar saudara Wakil Wali Kota Bandung melaksanakan tugas dan wewenang Wali Kota Bandung hingga terdapat ketentuan dan kebijakan lebih lanjut," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Mang Oded Walikota Bandung Tinggalkan Banyak Kebaikan Semasa Hidup, Aa Gym Ceritakan Buktinya

Oded M Danial Dimakamkan di Tasikmalaya

Jenazah Wali Kota Bandung, Oded M Danial, dimakamkan di pemakaman keluarga di Lengkong Kaler, Kelurahan Lengkongsaru, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jumat (10/12/2021) malam.

Warga bersama kerabat sudah melakukan penggalian liang lahat sekitar pukul 15.00 dan selesai sekitar pukul 16.00.

Lokasi liang lahat persis bersebelahan dengan makam Jojo Sutejo dan Iloh, kedua orang tua Mang Oded.

"Itu sesuai dengan wasiat almarhum bahwa jika ia meninggal ingin dimakamkan di samping makam kedua orang tuanya," kata Suherman (59), teman karib Mang Oded, saat ditemui di lokasi pemakaman, Jumat (10/12/2021) malam.

Menurut Suherman, wasiat tersebut disampaikan Mang Oded dalam sebuah kesempatan berkumpulnya keluarga.

"Jadi dilontarkan almarhum Mang Oded dalam suasana silaturahmi keluarga dalam kondisi segar bugar beberapa waktu lalu dan tidak menjadi kecurigaan keluarga," ujar Suherman.

Ia melanjutkan, salah seorang adik Mang Oded kemudian teringat keinginan almarhum tersebut, dan pihak keluarga langsung mendatangi makam.

Baca juga: Penggali Kubur Mengaku Menggali Liang Lahat untuk Mang Oded Terasa Lebih Ringan dari Biasanya

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved