Breaking News:

DBHCHT yang Didapat Pemkab Bandung Sebagian untuk Peningkatan Kualitas Produksi Hasil Tembakau

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang didapatkan Kabupaten Bandung, sebagian digunakan untuk peningkatan kualitas produksi hasil tembakau

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Siti Fatimah
Humas Pemkab Bandung
Bupati Bandung menghadiri acara Sosialisasi DBHCHT dan Penegakan Hukum Cukai Tembakau di Grand Sunshine Hotel, Soreang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang didapatkan Kabupaten Bandung, sebagiannya digunakan untuk peningkatan kualitas produksi hasil tembakau.

Kepala Bidang Industri Agro dan Kemasan Disperindag Kabupaten Bandung, Maya Kusuma Dewi, mengungkapkan, tahun lalu DBHCHT digunakan untuk pelatihan.

"Tahun ini digunakan untuk peningkatan kualitas produksi, hasil tembakau," ujar Maya, Jumat (10/12/2021).

Maya memaparkan, peningkatan kualitas produksi hasil tembakau, salah satunya adalah pemberian alat diversifikasi, yaitu alat penyuling untuk mengekstrak tembakau, menjadi minyak atsiri juga alat rajang.

Sehingga menurutnya, petani tidak lagi hanya menjual daun tembakau, melainkan dalam bentuk produk turunannya, yakni minyak atsiri yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

"Adanya peralihan produk tembakau, secara tidak langsung, akan meningkatkan ekonomi petani, juga pelaku usaha produk tembakau di Kabupaten Bandung," kata Maya.

Menurut maya, terdapat puluhan orang yangbmendapatkan bantuan alat tersebut.

"Ada, sekitar 30 orang yang mendapat bantuan alat itu," kata dia.

Selain itu, kata Maya, DBHCHT yang dikelolanya,  dipergunakan sosialisasi menganai pita cukai kepada pelaku usaha produk tembakau

"Produk tembakau, harus memiliki pita cukai, yang artinya mereka taat membayar cukai produk tembakau," tuturnya.

Maya mengatakan, dengan memiliki cukai, akan melindungi pelaku usaha produk tembakau dari penegakan hukum. 

"Kedepannya saya inginnya ada sosialusasi tentang pembuatan cukai itu sendiri, untuk industrinya," ujarnya.

Menurut Maya, DBHCHT yang diterima Pemkab Bandung, juga digunakan untuk pembuatan badan hukum bagi pelaku usaha produk tembakau.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved