Breaking News:

Upaya Pengendalian Anemia Di Masyarakat Wilayah Kerja Kecamatan Arcamanik

Universitas Bhakti Kencana untuk dapat berperan dalam memandirikan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Upaya Pengendalian Ane

Pembukaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Sekretaris Camat Kecamatan Arcamanik dan Rektor Universitas Bhakti Kencana 

TRIBUNJABAR.ID, Anemia masih merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia. Berdasarkan Riset Kesehatan Masyarakat (Riskesdas) 2018, masih terdapat 48,9% anemia pada ibu hamil, 32% anemia pada usia 15-24 tahun, dan 26% anemia pada usia 5-14 tahun.

Anemia pada ibu hamil dan remaja putri akan meningkatkan risiko lahirnya bayi yang stunting. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi anemia mulai dari mendorong kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi TTD, hingga peningkatan edukasi gizi kepada kader kesehatan di puskesmas dan pengambil kebijakan di kabupaten/kota.

Pelaksanaan Kegiatan Blanded
Pelaksanaan Kegiatan Blanded ()

Begitu juga hal nya dengan pemerintah kota Bandung melalui Dinas Kesehatan melakukan beberapa program terkait pencegahan anemia yang berisko meningkatkan kejadian stunting, salah satunya melalui program Remaja Bandung Unggul tanpa anemia (Rembulan).

Namun kesadaran akan dampak dan bahaya anemia ini perlu dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya terbatas pada program yang diberikan oleh pemerintah tapi upaya mandiri dari masyarakat untuk pencegahan anemia itu sendiri.

Doorprize Peserta Terbaik
Doorprize Peserta Terbaik ()

Hal ini mendorong Universitas Bhakti Kencana untuk dapat berperan dalam memandirikan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Upaya Pengendalian Anemia di Masyarakat”.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat dari setiap lapisan usia dan sosial untuk bersama-sama memahami dampak anemia, kecukupan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah anemia, asuhan apa saja yang bisa diberikan atau dilakukan apabila terjadi anemia.

Penyerahan Simbolis Komitmen Tindak Lanjut
Penyerahan Simbolis Komitmen Tindak Lanjut ()

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara blanded yaitu online dan offline, dengan menjaga protokol kesehatan. Kegiatan offline dilaksanakan di aula kecamatan arcamanik dan online melalui platform zoom meeting.

Kegiatan offline di ikuti oleh kader di wilayah kerja Kegiatan dibuka oleh Sekertaris Camat Arcamanik dan Rektor Universitas Bhakti Kencana. Kegiatan Online di ikuti oleh para remaja yang menjadi sasaran utama pengendalian anemia. Remaja putri khususunya akan menjadi calon ibu dan akan melahirkan genarasi baru.

Pengabdian kepada Masyarakat berlangsung dengan serangkaian acara yaitu pada tanggal 9 November 2021 dilakukan pembukaan acara dan agenda sesi 1 dengan pemberian edukasi mengenai informasi umum mengenai anemia dan sumber pangan yang dapat menunjang untuk pencegahan anemia.

Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir serta berperan aktif dalam diskusi. Sesi ke-2 dilaksanakan pada tanggal 17 November 2021 dengan bahasan asuhan yang dibutuhkan untuk yang menderita anemia dengan pendekatan bio, psiko dan sosial.

Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini didapatkan bahwa pengetahuan masyarakat terkait anemia, dampak, upaya pencegahan, kebutuhan nutrisi beserta upaya pemenuhannya serta asuhan yang berhubungan dengan pengendalian anemia meningkat. Hal tersebut dilihat dari perbandingan hasil pre test dan post test sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian benih tanaman dengan sumber zat besi yang dapat di budidayakan oleh masyarakat. Sehingga terbentuk pemahaman dan kesadaran untuk terhindar dari anemia oleh dan dari masyarakat itu sendiri. Dengan Pengetahuan yang baik diharapkan dapat memiliki sikap dan prilaku yang mendukung terhadap upaya pencegahan anemia.

Sebagai Penutup rangkaian kegiatan Ketua Kelompok Pengabdian Masyarakat apt. Hendra Mahakam Putra, M.S.Farm memberikan plakat simbolis sebagai bukti komitmen dalam upaya pengendalian anemia.

apt. Hendra Mahakam Putra, M.S.Farm, apt. Aulia Nurfazri, M.Si., Dede Nur Azim Muslim, S.Kep.,Ners.,M.Kep, Dewi Nurlaela Sari, SST.,M.Keb, apt. Widhiya Aligita, M.Si, Andri Nurmansyah, S.Kep.,Ners.,M.Kep

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved