Breaking News:

Penyuluhan Informasi Dalam Pencegahan Isu Hoaks Vaksinasi Covid-19 di Sosial Media

Universitas Bhakti Kencana yang terdiri dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Keperawatan. Kegiatan ini diketuai oleh N

UBK
Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyrakat di SMK Pasundan Rancaekek 

TRIBUNJABAR.ID, Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Maka dari itu kegiatan PKM ini merupakan kewajiban bagi dosen untuk mengabdikan ilmunya kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Kegiatan PKM ini diselenggarakan di SMK Pasundan Rancaekek dan SMK Bhakti Kencana Cimahi. Kegiatan kegiatan diselenggarahkan pada rabu, 10 November 2021 dan Sabtu, 13 November 2021. Tema yang diangkat dari kegiatan PKM ini adalah “Literasi Informasi Kesehatan: Penyuluhan Informasi Dalam Pencegahan Isu Hoaks Vaksinasi Covid-19 di Sosial Media Bagi pelajar SMK di Jawa Barat”.

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyrakat di SMK Bhakti Kencana Cimahi.
Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyrakat di SMK Bhakti Kencana Cimahi. (UBK)

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh dosen Universitas Bhakti Kencana yang terdiri dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Keperawatan. Kegiatan ini diketuai oleh Nadia Ushfuri Amini, S.I.Kom., M.I.Kom dan beranggotakan Ade Tika Herawati, S.Kep., Ners., M.Kep, Madinatul Munawwaroh, S.Pd., M.K.M, Agung Sutriyawan, SKM., M.Kes, Asep Aep Indarna, S.Pd., S.Kep., Ners., M.Kep, dan Tata Juarta, SKM, S.Pd., MH.Kes. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa siswi tentang Covid-19, Pencegahan Covid-19 serta cara mencegah Isu-Isu Hoaks tentang Covid-19 dan Vaksinasi yang tersebar di media sosial.

Kegiatan ini mendatangkan narasumber sesuai dengan bidangnya yaitu R. Tommy Sutami SH, Sandi Ibrahim Abdullah, SS dari Jabar Saber Hoaks, serta Ade Tika H, S.Kep., Ners., M.Kep dan Agung Sutriyawan, SKM., M.Kes yang merupakan dosen dari Universitas Bhakti Kencana. Selain mendatangkan narasumber, kegiatan ini juga melakukan pemilihan sebagai Duta Literasi dari masing-masing SMK. Dengan dibentuknya Duta Literasi yang sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan, diharapkan dapat menjadi penggerak bagi siswa-siswi lainnya agar lebih bijak dalam menerima informasi tentang Covid-19 dan Vaksinasi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh lebih dari 100 siswa-siswi dari 2 SMK kesehatan. Yang harapannya peserta yang hadir dalam kegiatan pengabdian ini dapat membantu Duta literasi dalam mensosialisasikan kepada siswa-siswi lainnya yang tujuannya adalah agar dapat membedakan berita asli dan berita palsu tentang vaksinasi Covid-19, menanggulangi berita-berita hoaks yang tersebar di berbagai media social.

Dapat berlangsungnya kegiatan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bhakti Kencana (UBK) yang telah membiayai kegiatan ini secara penuh, SMK Pasundan Rancaekek dan SMK Bhakti Kencana Cimahi yang sudah bersedia menjadi mitra pada kegiatan PKM ini, serta Jabar Saber Hoaks yang bersedia menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved