Breaking News:

Pelatihan Pemanfaatan Bahan Herbal Sebagai Jamu Imunostimulan

Dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Aulia Nurfazri Istiqomah, M.Si. dan beranggotakan apt Asep Roni, M.Si.; apt. Kharina Septi Lestari

UBK
Penyuluhan Terkait Pentingnya Menjaga Sistem Imun 

TRIBUNJABAR.ID, Situasi pandemi di Indonesia belum usai, meskipun masyarakat Indonesia sebagian besar sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 namun kita tidak boleh lengah, terlebih adanya varian-varian baru dari virus corona. Protokol kesehatan harus tetap ditegakkan guna mencegah terjangkitnya COVID-19.

Penyuluhan Terkait Bahan Herbal Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun
Penyuluhan Terkait Bahan Herbal Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun (UBK)

Selain menerapkan protokol kesehatan, sistem imunitas tubuh harus tetap terjaga karena sistem imun yang kuat dapat mencegah masuknya patogen-patogen ke dalam tubuh. Cara menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dengan konsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, serta mengkonsumsi imunomodulator atau peningkat sistem imun, dapat berupa suplemen yang sudah beredar di pasaran atau membuat sendiri dengan bahan-bahan sederrhana.

Foto Bersama Kelompok Pelaksana Pengmas dan Kader PKK
Foto Bersama Kelompok Pelaksana Pengmas dan Kader PKK (UBK)

Kegiatan pengabdian kepada masyarakan yang dilaksanakan oleh Dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Aulia Nurfazri Istiqomah, M.Si. dan beranggotakan apt Asep Roni, M.Si.; apt. Kharina Septi Lestari, M.S.Farm.; Fikri Mourly Wahyudi, S.Kep., MKM.; Agus Miraj Darajat, S.Pd., S.Kep., Ners., M.Kep.; dan Novitasari Tsamrotul Fuadah, S.Kep., Ners., M.Kep. ini mengusung tema pelatihan pemanfaatan bahan herbal sebagai jamu imunostimulan bagi kelompok PKK, kegiatan tersebut dilakukan di RW 001 Desa Majasetra Keccamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

Bahan Pembuatan Jamu
Bahan Pembuatan Jamu (UBK)

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan memberikan pelatihan kepada kelompok PKK bagaimana memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, khususnya bahan yang memiliki aktifitas untuk meningkatkan sistem imun atau imunomodulator seperti jahe, kunyit, lengkuas, dan kayu manis. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 12 November 2021 dan 17 November 2021.

Proses Pembuatan Jamu
Proses Pembuatan Jamu (UBK)

Rangkaian kegiatan diawali dengan penyuluhan terkait pentingnya menjaga sistem imun dan penyuluhan terkait bahan-bahan herbal yang dapat meningkatkan sistem imun kepada kader PKK dan perwakilan masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 12 November 2021.

Penyerahan Bahan Pembuatan Jamu
Penyerahan Bahan Pembuatan Jamu (UBK)

Kegiatan dilanjutkan pada 17 November 2021 dengan acara pembuatan jamu yang hasilnya dibagikan kepada masyarakat sekitar. Selain itu, pada saat pembagian jamu oleh kader PKK yang sudah dilatih, masyarakat juga diberikan edukasi terkait bahan dan komposisi serta kegunaan dari jamu tersebut untuk selanjutnya dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan simplisia kunyit, jahe, lengkuas, dan kayu manis sebagai bahan untuk pembuatan jamu imunostimulan. Diharapkan program ini akan dilanjutkan oleh kelompok PKK.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved