Libur Natal dan Tahun Baru Tetap Ada Penyekatan di Lembang dan Padalarang

Pos penyekatan tersebut akan disiapkan di daerah Padalarang dan kawasan Lembang untuk membatasi kendaraan yang masuk ke wilayah Bandung Barat

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Ravianto
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Penjagaan di sekitar Cikole, Lembang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB), bakal tetap menyiapkan pos penyekatan saat libur Natal dan tahun baru nanti, meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 dibatalkan.

Titik pos penyekatan tersebut akan disiapkan di daerah Padalarang dan kawasan Lembang untuk membatasi kendaraan yang masuk ke wilayah Bandung Barat, terutama bagi pengendara dari luar daerah yang nantinya akan menuju objek wisata Lembang.

Sekretaris Dinas Perhubungan KBB, Fauzan Azima mengatakan, meskipun PPKM Level 3 dibatalkan, tetapi pergerakan masyarakat harus tetap dibatasi karena libur Nataru nanti berpotensi terjadi kerumunan dan penumpukan kendaraan.

"Jadi pos penyekatan di dua titik itu tetap akan disiapkan meskipun PPKM Level 3 dibatalkan, karena pergerakan masyarakat harus dibatasi," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (9/12/2021).

Pos penyekatan di Lembang ini disiapkan karena memiliki banyak objek wisata, sementara daerah Padalarang merupakan gerbang masuk kendaraan dari luar daerah seperti Bogor, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, dan daerah lainnya.

Dalam penyekatan nanti, kata Fauzan, kemungkinan pengendara yang datang dari luar daerah akan tetap diminta surat bebas Covid-19 dan sertifikat vaksinasi, namun terkait hal tersebut pihaknya hingga kini masih menunggu peraturan bupati (Perbup).

"Untuk mekanismenya kami masih menunggu Perbupnya seperti apa, tapi kemungkinan pasti sama dengan aturan sebelumnya," kata Fauzan.

Selain penyekatan kendaraan, kata Fauzan, bakal diterapkan juga ganjil genap oleh aparat kepolisian supaya mobilitas masyarakat bisa dikendalikan, baik di Padalarang maupun di Lembang.

Menurutnya, upaya seperti itu perlu diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan terjadinya gelombang ketiga setelah libur Nataru nanti, sehingga langkah antisipasi tetap harus dilakukan.

"Jadi pembatasan itu tetap akan dilakukan demi pencegahan, tapi nanti kita lihat teknis di Perbupnya seperti apa setelah PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru ini dibatalkan," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved