Breaking News:

Aksi Edukasi Laktasi: Pemanfaatan Laktagoga Pada Ibu Nifas Untuk Meningkatkan Asi Ekslusif

Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si (Dosen Fakultas Farmasi) dengan 5 orang anggota tim dosen yaitu Ermilda, S.

Dosen Universitas Bhakti Kencana bersama Ketua PKK Kelurahan Tamansari 

TRIBUNJABAR.ID, Kondisi pandemik Covid 19 sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu baik dari segi fisik maupun psikis terutama bagi ibu yang sedang menyusui, dimana kondisi ekonomi menjadi kurang baik, berdampak pada asupan gizi terhadap ibu, dan tentunya kondisi stress sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Permasalahan terkait laktasi yang dihadapi diantaranya terdapat faktor heriditas yang menyebabkan ibu tidak dapat menghasilkan ASI, faktor fisik, dan faktor psikologis (seperti adanya permasalahan dengan pasangan) ataupun belum siap menjadi ibu muda. Berdasar atas permasalahan tersebut menjadikan latar belakang Dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si (Dosen Fakultas Farmasi) dengan 5 orang anggota tim dosen yaitu Ermilda, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Ilmu Sosial), Heni Nurakilah, S.Tr.Keb., M.Tr.Keb (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Hj. Diana Ulfah, S.Kp (Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan), Shinta Ika Sandhi, S.SiT., M.Kes (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Tri Nur Jayanti, S.Kep., Ners., M.Kep (Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan) untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan tema Aksi Edukasi Laktasi: Pemanfaatan Laktagoga Pada Ibu Nifas Untuk Meningkatkan Asi Ekslusif Pada Masa Pandemik Di Pkk Kelurahan Tamansari Kota Bandung”

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh kelompok 33 bertempat di aula kelurahan Tamansari Kota Bandung pada hari Sabtu tanggal 20 November 2021 yang telah bermitra dengan lurah dan ketua PKK. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Peserta mengisi kuesioner pretest dan postest
Peserta mengisi kuesioner pretest dan postest ()

Sasaran pada kegiatan pengabdian masyarakat kelompok 33 ini adalah ibu yang sedang menyusui, materi terdiri dari tiga bagian yaitu tentang pentingnya ASI eksklusif yang disampaikan oleh Tri Nur Jayanti, S.Kep., Ners., M.Kep, tumbuhan obat keluarga sebagai ASI booster oleh Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si, dan manajemen stress pada ibu primaria usia bayi 1-6 bulan untuk meningkatkan ASI disampaikan oleh Ermilda, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Berdasarkan data peserta yang ikut acara 90% merupkan ibu rumah tangga dengan kelompok usia paling banyak pada rentang usia 21- 35 tahun. Pada kegiatan dilakukan pengisian kuesioner dilakukan untuk mengukur pengetahuan ibu selama menjalani masa menyusui sehingga diberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan tentang laktasi. Kuesioner diberikan di awal sebelum diberikan penjelasan materi dan diberikan kembali pada akhir acara setelah diberikan. Hasil kuisioner menunjukan terjadi peningkatan nilai skor pada kuisioner akhir dari pada sebelumnya. Hal ini menunjukan pesera mendapatkan informasi baru dari materi yang didapatkan dengan pemahaman yang benar

Acara penyampaian materi berlangsung dengan baik dan setelah dilakukan pemaparan dari tiga naras umber, kemudan dibuka forum sesi tanya jawab. Peserta menunjukan antusias dalam memberikan pertanyan terkait topik yang diberikan ataupun tentang kendalan yang dihadapi dalam pemberian ASI. Pemberian doorprize dilakukan sebagai bentuk reward bagi ibu-ibu yang memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari beberapa materi yang telah disampaikan dan juga sebagai kenang-kenangan berupa berbagai macam barang yang sangat bermanfaat bagi ibu selama menyusui. Semoga kegiatan yang dilakukan bermanfaat bagi masyarakat dan Kerjasama yang baik akan selalu terjalin dengan Kelurahan Taman Sari Kota Bandung.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved