Breaking News:

PPKM Level 3 Serentak Dibatalkan, Epidemiolog Dicky Budiman Setuju, Begini Alasannya

Epidemiolog Indonesia untuk Griffith University, Dicky Budiman, setuju dengan langkah pemerintah Indonesia yang membatalkan PPKM level 3.

Editor: Giri
Dok Pribadi
Epidemiolog dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman 

TRIBUNJABAR.ID - Epidemiolog Indonesia untuk Griffith University, Dicky Budiman, setuju dengan langkah pemerintah Indonesia yang membatalkan PPKM level 3 yang semula akan diberlakukan di seluruh Indonesia.

PPKM level 3 menurut rencana awal akan diberlakukan pada libur Natal dan tahun baru.

Menurut Dicky, pembatasan mobilitas atau pergerakan masyarakat di Indonesia masih harus dilakukan, akan tetapi tidak perlu disamaratakan menjadi level 3.

"Memang saya tidak setuju dengan adanya PPKM level 3 diterapkan, bukan berarti tidak boleh ada pembatasan, tapi levelingnya sesuai aja dengan indikator di wilayahnya (masing-masing)" kata Dicky kepada Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Namun, ia pun menegaskan hal ini perlu dilakukan supaya indikator level pembatasan atau PPKM ini bisa dilakukan dengan konsisten dan tegas.

Selain itu, dengan adanya PPKM yang disesuaikan dengan level daerah masing-masing itu dapat dijadikan kontrol ketat.

"Ini kan juga bisa menjadi insentif untuk daerah itu, bahwa oh berarti dia (daerah itu) tidak mencapai level itu (level 3), jadi dia (masyarakat daerah itu) boleh menikmati kebebasan dengan kontrol ketat itu maksud saya," ucapnya.

Mengenai momentum libur Natal dan tahun baru, tentu harus ada penguatan yang lebih, akan tetapi bukan berarti harus level PPKM-nya yang ditingkatkan.

Melainkan, cukup ditingkatkan pengetatan atas mobilitas masyarakat selama libur nataru tersebut yang harus dikuatkan lagi.

Misalnya, larangan tidak boleh berkerumun apapun kegiatannya atau alasannya tidak boleh dilakukan selama periode libur nataru ini, dan lain sebagainya yang harus disesuaikan dengan karakteristik, angka kasus, kategori level, kesiapan dan mekanisme penanganan Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved