Breaking News:

Lestarikan Ekosistem, PLN Tanam 6000 Mangrove di Pesisir Indramayu

PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menanam 6.000 bibit pohon di pesisir Karangsong Kabupaten Indramayu. Bibit tanaman tersebut terdiri dari bibit

PLN
Lestarikan Ekosistem, PLN Tanam 6000 Mangrove di Pesisir Indramayu 

TRIBUNJABAR.ID, Indramayu, 30 November 2021- PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menanam 6.000 bibit pohon di pesisir Karangsong Kabupaten Indramayu. Bibit tanaman tersebut terdiri dari bibit mangrove, cemara laut, dan pohon ketapang laut.

“Kami terus berkomitmen untuk melestarikan dan menjaga lingkungan alam melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, yang dibuktikan dengan kepedulian terhadap pelestarian mangrove di Kabupaten Indramayu,” ujar Danang Setiawan, Manager PLN UP3 Indramayu.

Menurut Danang, PLN melakukan penanaman di pesisir pantai Karangsong Kab. Indramayu karena untuk menjaga bahkan membentuk ekosistem dan hutan pantai baru di lokasi tersebut. Mangrove akan menjaga dari abrasi dan membentuk ekosistem baru dimana akan ada burung, ikan, dan pohon yang hidup didalamnya.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati bulan Tanam Nasional 2021 ini merupakan salah satu program lingkungan PLN yang telah dilakukan secara berkala setiap tahun di lokasi yang berbeda-beda.

Acara dihadiri Manager PLN UP3 Indramayu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kelompok Tani Hutan Pantai Lestari, dan Manager Komunikasi PLN UID Jabar. Selain itu, warga desa Karangsong juga disertakan dalam penanaman mangrove agar mereka dapat ikut menjaga kelestarian mangrove di desa mereka.

"Kami mohon bantuan kerja sama, kolaborasi, dan sinergi semua pihak terutama masyarakat disini dalam membesarkan dan menumbuhkan pohon-pohon ini. Selain itu, semoga ekosistem yang kita bangun bisa berkembang tidak hanya pohon tapi membentuk suatu ekowisata. Mudah mudahan apa yang kita tanam hari ini dapat memberi keberkahan dan kelak anak cucu kita akan mendapatkan hasilnya. " harap Danang.

Sementara itu, perwakilan Bupati Indramayu, Kepala Dinas KKP Edi Umaedi menyambut gembira atas perhatian dari PLN. Pihaknya berharap kolaborasi dari berbagai pihak dapat mendorong ekosistem atau ekowisata pantai Karangsong.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Tani Hutan Pantai Lestari menyampaikan terima kasih kepada PLN, karena telah berperan mengelola alam di pesisir pantai Karangsong .

“Harapan kami tanaman itu akan menjadi benteng, menghindari abrasi dan melindungi tambak dibelakangnya. Kami juga berharap semoga PLN tetap memantau sehingga kami akan mendapatkan masukan dan dapat menjalankan amanah sebaik baiknya,” ujar Ali.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved