Breaking News:

Agus Juara Lomba Kitab Kuning se-Jabar, Turut Populerkan Budaya Ilmiah Pesantren

Warga Kabupaten Bandung Barat bernama Agus Solahuddin Anshori jadi juara lomba baca kitab kuning yang digelar PKS Jabar.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Mega Nugraha
IStimewa
Warga Kabupaten Bandung Barat bernama Agus Solahuddin Anshori jadi juara lomba baca kitab kuning yang digelar PKS Jabar. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Warga Kabupaten Bandung Barat bernama Agus Solahuddin Anshori jadi juara lomba baca kitab kuning yang digelar PKS Jabar.

Pemuda 24 tahun ini juga mewakili Pesantren Daarul Ihsan KBB. Adapun untuk juara dua diraih Muammad Abdurahman Alawi dari Kabupaten Bandung.

Sedangkan juara 3 diraih M Hanzah Junaedi dari Kabupaten Sumedang.

Baca juga: TKW Karawang Terkatung-katung di Arab Saudi, Majikan Jahat, Tidur Pun di Kamar Mandi

Di ajang lomba baca kitab kuning itu, juga ada tiga juara harapan. Antara lain Miftahul Jannah dari Kota Bandung.

Abdurohman dari Kabupaten Sukabumi dan Ahmad Safarudin dari Kabupaten Bogor.

Penyerahan Hadiah dilakukan langsung oleh Ketua Bidang Pembangunan Umat (BPU) PKS Jabar, KH Iman Budiman.

Lomba kitab kuning ini sendiri digelar di Hotel Grand Preanger Kota Bandung dan diikuti 579 santri dari berbagai pesantren di Jabar.

Peserta di Final Regional ini adalah peserta yang telah menjuarai Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Kota/Kabupaten.

Baca juga: Jangan Piknik ke Ciamis Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2022, Ini Alasannya

Adapun yang menjadi juri dalam lomba ini adalah Dr. H. Asep Ahmad Fathurrohman, Lc., M.Ag, anggota Komisi Fatwa MUI Jabar, Dosen UIN Gunung Jati, H. Yayan Khairul Anwar M.Ag serta Pimpinan Pesantren Himmatul Muslimin KH. Rachmat M Soji.

Ketua DPW PKS jabar Haru Suandharu berharap melalui lomba ini, bisa melestarikan budaya ilmiah pesantren sehingga masuk di ruang publik.

"Insya Allah jika budaya ilmiah pesantren ini sudah masuk ke ruang publik, akan ada keberkahan di sana. Karena kita memang menyelanggarakan kegiatan ini semata-mata untuk mengundang keberkahan Allah," ujar Kang Haru berharap.

Wakil Ketua BPU DPP PKS, KH Mahmud Mahfudz mengatakan ini bukan kali pertama PKS menggelar lomba kitab kuning.

"Sejak 2015 sebanyak 6780 santri dari seluruh Indonesia sudah mengikuti lomba pembacaan kitab kuning ini, termasuk dari Jabar sempat menyabet Juara II di tahun 2016," kata Mahmud MAhfudz dalam keteragannya, Minggu (5/12/2021).

Ia berharap lomba membaca kitab kuning ini bisa meningkatkan keimanan dan ketakqwaan terhadal Allah S.W.T, tidak sebatas lomba.

"Saya berharap melalui santri-santri Jabar, kitab kuning warisan Salafus Shalih bisa dilestarikan dan akan lahir santri tauladan yang bisa menjadi ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved