Salsabila Kenang Heroiknya Ibunda, Bidan RSUD Al Ihsan, Namanya Diukir di Monumen Pahlawan Covid-19

Keluarga tenaga kesehatan ikut hadir di peresmian Monumen Pahlawan Covid-19 di Jalan Japati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021).

Penulis: Fakhri Fadlurrohman | Editor: Mega Nugraha
Foto Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI K.H Ma'ruf Amin meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat di Jl. Japati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Fakhri Fadlurrohman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Keluarga tenaga kesehatan ikut hadir di peresmian Monumen Pahlawan Covid-19 di Jalan Japati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021).

Melihat nama-nama sejumlah tenaga kesehatn terpatri di Monumen Pahlawan Covid-19, terharu. Mereka juga berterimakasih kepada Pemprov Jabar yang mengabadikan nama keluarga mereka.

Baca juga: Polwan Polrestabes Bandung Kawal Siskaeee yang Bugil Demi Fans Berbayar ke Polda DIY

Salah seorang keluarga nakes yang diabadikan namanya dalam tugu tersebut, Salsabila Febriani, mengatakan, ibunya seorang tenaga kesehatan, meninggal setelah tertular virus corona.

Ibu Salsabila sendiri merupakan bidan di RSUD Al Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Ia menjelaskan bahwa ibunya terjangkit Covid-19 hingga gugur saat sedang menangani pasien dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang hendak melahirkan.

"Jadi sebelumnya itu ibu sempet menangani dulu pasien OTG yang mau melahirkan, itu waktu awal Covid-19 di bulan Juni. Terus yang Covid-19 itu langsung sekeluarga, ibu, ayah, saya, dan adik saya. Terus kita langsung rawat inap di RSUD Al Ihsan selama 14 hari, ibu masuk ICU selama satu Minggu," ungkapnya sembari menahan sedih.

Baca juga: Cerita Penambang Pasir Saat Terjebak di Lahar Panas Gunung Semeru

Melihat nama ibunya terpatri di Monumen Pahlawan Covid-19, ia haru sekaligus bangga karena ibunya turut berjuang selama masa pandemi dan diakui pemerintah sebagai pahlawan.

"Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih karena saya khususnya keluarga Nakes yang telah gugur akibat Covid-19 merasa diperhatikan oleh Pemerintah," tuturnya.

Wapres RI Berkaca-kaca

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Wapres RI Ma'ruf Amin meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jabar di Jalan Japati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat saya resmikan. Semoga Allah SWT memberikan inayah-nya dan meridai setiap ikhtiar yang kita lakukan," kata Wapres.

Dalam peresmian tersebut, Wapres RI bersama Ridwan Kamil, menyempatkan diri meninjau monumen dan berbincang dengan keluarga pahlawan COVID-19. Perbincangan diselimuti suasana haru.

Keluarga pahlawan COVID-19 mencurahkan kesedihannya setelah ditinggal orang terkasih dan terdekat. Suasana haru semakin terasa karena peresmian Monumen Pahlawan COVID-19 Jabar berlangsung di bawah rintik hujan.

Baca juga: Dulu Jadi Misteri, Mengapa Jenazah Tuti dan Amalia Dimandikan Usai Dihabisi Terungkap, Ini Tujuannya

Mata Wapres RI dan Kang Emil pun berkaca-kaca selama mendengarkan isi hati keluarga pahlawan COVID-19. Wapres RI dan Kang Emil coba menenangkan dengan mendoakan keluarga mereka yang gugur. 

Baca juga: Sahabat Vanessa Angel Buka Suara tentang Sosok Doddy Sudrajat: yang Dipermasalahkan hanya Materi

Wapres RI mengatakan, Monumen Pahlawan COVID-19 adalah pengingat bahwa bangsa Indonesia pernah melewati ujian besar. Pemerintah dan masyarakat Indonesia menghadapi ujian itu dengan saling percaya.

Karena itu, Pemerintah menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengorbanan, kerja keras dan kolaborasi semua pihak dalam menghadapi pandemi COVID-19, terutama para pejuang di garda depan yang rela lelah dan berpeluh demi keselamatan bangsa.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya para syuhada di seluruh Indonesia yang gugur karena COVID-19, semoga amal baiknya diterima di sisi Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan yang Maha Esa. Hari ini kita berkumpul di sini untuk mengenang dan menghormati mereka," ucap Wapres RI.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved