Breaking News:

MCK Komunal dan Pipanisasi Air Bersih untuk 150 KK di Banyusari Karawang Resmi Dibangun

Pemerintah Kabupaten Karawang membangun MCK Komunal dan pipanisasi air bersih yang tersalurkan kepada 150 kk

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Cikwan Suwandi
Pemerintah Kabupaten Karawang membangun MCK Komunal dan pipanisasi air bersih yang tersalurkan kepada 150 kepala keluarga di Desa Talunjaya, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang membangun MCK Komunal dan pipanisasi air bersih yang tersalurkan kepada 150 kepala keluarga di Desa Talunjaya, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang.

Program tersebut merupakan kerjasama Yayasan Senyum Untuk Negeri (SUN) yang didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui payung tanggung jawab sosial Sampoerna untuk Indonesia.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat mengatakan, itu merupakan program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) 2021.

Program itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Baca juga: Tembus Desa Terdampak, JQR Dirikan Dapur Umum di Lokasi Banjir Bandang Garut, Kesulitan Air Bersih

Ishak menyatakan, program tersebut menjadi bukti komitmen Sampoerna untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat dan lingkungan.

“Melalui program Sampoerna Untuk Indonesia, kami terus berkomitmen untuk dapat berkontribusi bagi Indonesia. Salah satunya melalui program WASH 2021 ini yang kami harap dapat berdampak positif bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan di Karawang,” ujarnya, Jumat (3/12/2021).

Program WASH berlangsung sejak April hingga November 2021 dan telah dilaksanakan di berbagai daerah di Jawa barat antara lain Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bandung.

Program ini telah dilaksanakan di 20 desa dari 17 kecamatan di Provinsi Jawa Barat.

Program WASH terdiri dari beberapa aktivitas seperti penanaman pohon, penyediaan sarana dan pelatihan hidroponik, penyediaan sarana air bersih, penyediaan MCK komunal, penyediaan tempat sampah pilah dan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca juga: Jadi Penunjang Kesehatan di Tengah Pandemi, Mesin Filtrasi Penuhi Kebutuhan Air Bersih Siap Minum

Sementara itu, Camat Banyusari Iwan Ridwan mengungkapkan, program tersebut dinilai sangat membantu warga. Iwan menyebut, itu bisa meningkatkan kebiasaan-kebiasaan hidup bersih dan sehat.

"Dengan memberi bantuan berupa sarana air bersih dan sanitasi sehingga bisa meningkatkan kebiasaan-kebiasaan hidup bersih dan sehat di lingkungan khususnya keluarga dan semoga program ini bisa berlanjut hingga tahun mendatang," katanya

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved