Mas Lardi Jualan Bakso Semangkuk Rp 5.000, Alasan Harga Murah Bikin Haru Karena Punya Niat Baik Ini

Tampilan satu mangkuk bakso buatan Mas Lardi (panggilan akrabnya) juga tampak menggoda lidah, dengan taburan saus, bawang goreng serta irisan saledri.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/FIRMAN SURYAMAN
Bakso Mas Lardi di Jalan Tarumanagara, Kota Tasikmalaya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Sepintas mie bakso yang disajikan Mas Sulardi (40), pedagang bakso dorong, biasa saja layaknya bakso umumnya.

Sajian bakso komplie terdiri dari mie, sayur, toge serta beberapa butiran bakso beragam ukuran.

Tampilan satu mangkuk bakso buatan Mas Lardi (panggilan akrabnya) juga tampak menggoda lidah, dengan taburan saus, bawang goreng serta irisan saledri.

Namun saat pembeli hendak membayar barulah diketahui ada hal yang mengejutkan.

Satu mangkuk bakso komplet itu sangat murah hanya seharga Rp 5.000. 

Jawaban Lardi kenapa harga satu mangkuk bakso komplet bisa semurah itu, tak kalah mengejutkan dan malah bikin haru.

"Sasaran pembeli bakso saya adalah kalangan bawah. Jadi jualan ini sekalian sodakoh," kata Lardi, saat ditemui di lokasi mangkalnya, Jalan Tarumanagara, Kota Tasikmalaya, persis depan SD Pengadilan, Jumat (3/12).

Namun pada kenyataan malah kalangan menengah seperti para orang tua murid mengendarai mobil, karyawan bank serta warga lainnya pun menjadi pelanggan bakso Mas Lardi.

Mas Lardi mengungkapkan, sejak awal usaha jualan bakso tahun 1993 di Kota Tasikmalaya, sudah direncanakan sasaran pembelinya adalah kalangan bawah.

Saat itu ia melihat persaingan usaha bakso sudah tinggi. "Saya melihat bakso untuk kalangan bawah tidak ada. Makanya saat itu saya jualan untuk mereka," ujar Mas Lardi.

Disaat pedagang bakso dorong lain saat itu menjual semangkuk bakso dengan harga Rp 250, Mas Lardi memasang harga Rp 150.

"Awal jualan harganya Rp 150 agar terjangkau kalangan bawah. Kemudian terus naik tapi tetap jauh di bawah harga bakso lainnya," kata bapak beranak satu ini.

Sebelum naik menjadi Rp 5.000 semangkuk dua tahun lalu, harganya masih Rp 4.000. "Saya naikkan seribu karena memang bahan baku pada naik," ujar Mas Lardi.

Hingga saat ini harga semangkuk bakso Mas Lardi bertahan Rp 5.000.

Sejumlah pelanggannya menyebut sajian bakso Mas Lardi sebenarnya setara dengan mie bakso dorong lainnya yang dihargai Rp 10.000 semangkuk.

"Tapi beli bakso yang sama di Mas Lardi cukup bayar Rp 5.000, dengan taburan bakso yang cukup banyak," ujar Atik (40), salah seorang pelanggannya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved