Breaking News:

Petani dan Peternak Bisa Akses Keuangan Syariah Dari Kolaborasi Agree dan Alami Sharia, Ini Caranya

Telkom melalui Agree berkolaborasi dengan ALAMI Sharia untuk bantu petani dan peternak lebih mudah mengakses keuangan syariah

Editor: Siti Fatimah
dok Agree-Telkom

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui Agree (platform digitalisasi sektor pertanian, perikanan, dan peternakan) resmi berkolaborasi dengan ALAMI Sharia sebagai salah satu platform fintech peer-to-peer pendanaan syariah.

Kolaborasi ini merupakan bentuk nyata untuk pembiayaan yang tidak hanya diperuntukkan bagi sektor pertanian namun juga perikanan dan peternakan.

Melalui aplikasi Agree, para petani binaan perusahaan agribisnis dapat melakukan pengajuan pembiayaan yang dilengkapi fitur monitoring status pencairan, penggunaan modal, hingga pembayaran di salah satu layanan Agree yaitu Agree Modal.

Baca juga: Mudahkan Pelanggan dalam Kelola Layanan, Telkom Luncurkan Versi Terkini myIndiHome

Menurut Head of Digital Vertical Ecosystem Agriculture PT Telkom, Hikmatullah Insan Purnama, pada fitur Agree modal tersebut, ALAMI Sharia akan berperan sebagai penyedia jasa pembiayaan untuk Agree Modal.

"ALAMI Sharia berkomitmen mendukung misi Agree di sektor ketahanan pangan dengan memberikan porsi pembiayaan hingga Rp50 Milyar per bulan," katanya di sela-sela penandatanganan perjanjian kerja sama antara Agree dan ALAMI Sharia Menara Multimedia Telkom lantai 17, Jakarta, yang dikutip Tribun dari keterangan resmi Telkom.

Kolaborasi Agree dan Alami Sharia untuk tingkatkan kesejahteraan petani
Kolaborasi Agree dan Alami Sharia untuk tingkatkan kesejahteraan petani (dok Agree-Telkom)

Perjanjian kerja sama ditandatangani Head of Digital Vertical Ecosystem Agriculture PT Telkom Hikmatullah Insan Purnama dan Chief Business Officer ALAMI Sharia, Bembi Triawan Juniar.

Baca juga: Mudahkan Pelanggan dalam Kelola Layanan, Telkom Luncurkan Versi Terkini myIndiHome

Penandatanganan merupakan bentuk komitmen kerja sama yang tertuang dalam ruang lingkup perjanjian kerja sama dan ditandai penukaran merchandise masing-masing pihak secara simbolis.

Chief Executive Officer ALAMI, Dima Djani mengungkapkan visi ALAMI dengan adanya kolaborasi bersama Agree guna menyebarkan akses keuangan syariah yang mudah sampai kepada para petani dan peternak seluas-luasnya.

"Selain itu, ALAMI juga ingin bertumbuh dengan cepat bersama Agree. Sebab, Telkom Indonesia terus berupaya memberikan solusi untuk ketahanan pangan Indonesia melalui platform digital Agree," katanya.

Baca juga: Telkom Pastikan Infrastruktur dan Layanan Prima pada Event World Superbike Mandalika

Hikmatullah melanjutkan, terdapat fitur Agree Partner dan Agree Fishery untuk monitoring pertanian dan perikanan dan ke depannya untuk peternakan. Selain itu, ada fitur Agree Modal untuk mengajukan permodalan serta Agree Market untuk penjualan hasil pertanian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved