Breaking News:

Kadisnaker Cianjur: Aspirasi Kenaikan UMK 6,5 Persen Sudah Disampaikan, Keputusan Ada di Gubernur

"Keinginan kaum buruh sudah disampaikan kepada gubernur, namun penetapan UMK menjadi ranah gubernur," ujar Endan Hamdani di Cianjur,

Dok buruh Cianjur
Buruh Cianjur melakukan unjuk rasa beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR- Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani, mengatakan Pemkab Cianjur sudah mengusulkan kenaikan UMK sebesar 6,5 persen.

Soal kenaikan UMK sesuai dengan PP 36 pasal empat ayat dua, bahwa pengupahan merupakan program stragetis nasional, keputusannya ada di tangan gubernur.

Menurutnya, bupati wali kota harus menjalankan program strategis nasional tersebut karena ada sanksi jika kepala daerah tak melaksanakannya.

"Cianjur, keterkaitan ada keinginan kaum buruh sudah disampaikan kepada gubernur, namun penetapan UMK menjadi ranah gubernur," ujar Endan Hamdani di Cianjur, Kamis (2/12/2021) pagi.

Menurutnya, Pemkab Cianjur tak mengenyampingkan aspirasi karena sudah ditempuh sebagai bentuk apresiasi kepada keinginan para buruh di Cianjur.

Baca juga: Bahas UMK, Ridwan Kamil Sebut PP No 36 Bikin Kepala Daerah Tidak Bisa Tetapkan Sendiri Upah Buruh

"Keinginan dari kaum buruh hal yang wajar. Terkait di media sosial ada buruh yang tergabung dalam SPN akan melakukan unjuk rasa dua hari besok, tentu sejauh ini kami selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan," kata Endan Hamdani.

Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Cianjur, Hendra Malik, mengatakan keputusan gubernur soal tak ada kenaikan UMK alias nol persen telah melukai hati buruh Cianjur khususnya dan buruh Jawa Barat pada umumnya.

"Cianjur sesuai keputusan gubernur Jabar tak ada kenaikan alias nol persen atau sama dengan tahun berjalan," ujar Hendra melalui sambungan telepon.

Menurutnya hal tersebut sudah melukai hati buruh di Jawa Barat. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved