Breaking News:

Penyuluhan Penggunaan Dan Penyimpanan Vitamin C Kepada PKK RW 02, 09 Kecamatan Panyileukan Bandung

Dosen Universitas Bhakti Kencana Bandung telah mengadakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (Pengmas) kepada masyarakat di sekitar kampus pada bulan

UBK
Tim dosen pengmas Universitas Bhakti Kencana Bandung 

TRIBUNJABAR.ID, Situasi pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia hampir dua tahun. Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk mengurangi resiko terinfeksi virus Covid-19, salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Masyarakat banyak membeli vitamin C sehingga menimbulkan panic buying yang berakibat menumpuknya produk vitamin C dan mengkonsumsi secara berlebihan sehingga dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Kondisi ini perlu ditengahi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat agar memahami akan pentingnya penggunaan Vitamin C dan cara penyimpanan produk Vitamin C yang benar.

Tiga pemateri kegiatan pengmas
Tiga pemateri kegiatan pengmas (UBK)

Dosen Universitas Bhakti Kencana Bandung telah mengadakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (Pengmas) kepada masyarakat di sekitar kampus pada bulan November 2021 dengan tema “Penyuluhan Penggunaan dan Penyimpanan Vitamin C Kepada PKK RW 2 dan 9 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Bandung”.

Kegiatan Pengmas ini dilaksanakan oleh tim dosen yang terdiri dari apt. Ani Anggriani, M.Si. Dra. apt. Ida Lisni, M.Si., Dr. apt. Siti Saidah, M.Si., apt. Winasih Rachmawati, M.Si., Ade Tika, Ners., M. Kep., dan Amida Sriwianti. Sarbini, M. Keb.

Salah satu peserta yang bertanya
Salah satu peserta yang bertanya (UBK)

Kegiatan Pengmas ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu PKK di sekitar lingkungan kampus dengan menyelenggarakan kegiatan penyuluhan terkait penggunaan dan penyimpanan vitamin C agar masyarakat lebih memahami dalam mengkonsumsi vitamin C tersebut.

Pembagian doorprize
Pembagian doorprize (UBK)

Diharapkan setelah mendapatkan edukasi ini mereka dapat menyampaikan informasinya kembali kepada anggota PKK yang lain maupun kepada anggota keluarga di rumah. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini dimulai dengan pretest kemudian pemaparkan materi yang disampaikan oleh tiga orang narasumber secara hybrid serta diakhiri dengan evaluasi berupa posttest.

Foto Bersama kader PKK RW 02 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Bandung.
Foto Bersama kader PKK RW 02 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Bandung. (UBK)

Hasil evaluasi akhir memperlihatkan bahwa pengetahuan kader PKK di RW 02 maupun RW 09 telah mengalami peningkatan dilihat dari hasil posttest seluruh peserta mencapai nilai dengan kategori baik yaitu direntang 76-100. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi kepada masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta.

Foto Bersama kader PKK RW 09 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Bandung.
Foto Bersama kader PKK RW 09 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Bandung. (UBK)

Pada akhir pelaksanaan kegiatan ini diberikan doorprize bagi para peserta yang antusias dalam bertanya dan juga pemberian produk vitamin C kepada seluruh peserta yang hadir.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK (dok. UBK)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved