Breaking News:

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Universitas Bhakti Kencana, Dapurmu, Rahasia Kesehatanmu

Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Dr.apt. Agus Sulaeman, M.Si. Dengan anggota Dr.apt. R. Herni Kusriani, M.Si., Ns. Ana Ikhsan H., S.Kep,M

UBK
Pemanfaatan TOGA untuk kesehatan keluarga di Wilayah RT.05 RW 17 Perumahan Cibiru Asri Kelurahan Cibiru Wetan di masa Pandemi 

TRIBUNJABAR.ID, Dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru menghadapi Covid-19, walaupun angka kejadian di Jawa Barat sudah menurun, namun masyarakat harus tetap waspada dan menjaga kesehatannya salah satunya adalah dengan memperhatikan apa yang mereka makan.

Keberadaan TOGA di sekitar rumah dapat dimanfaatkan secara sederhana. Tanaman obat ini juga berfungsi untuk mengobati berbagai penyakit yang sering kali timbul di masyarakat , sehingga masyarakat dapat melakukan swamedikasi dengan obat yang berasal dari bahan alam sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pemanfaatan Tekonologi digital dengan jarak jauh saat penyuluhan penanganan demam pada bayi dan balita
Pemanfaatan Tekonologi digital dengan jarak jauh saat penyuluhan penanganan demam pada bayi dan balita (UBK)

Untuk mengenalkan hal tersebut kepada masyarakat beberapa dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Dr.apt. Agus Sulaeman, M.Si. Dengan anggota Dr.apt. R. Herni Kusriani, M.Si., Ns. Ana Ikhsan H., S.Kep,M.Kep, Tuti Suprapti, S.Kp.Mkep dan Sri Soleha, S.ST, melakukan kegiatan masyarakat berupa penyuluhan dan pelatihan pembuatan ramuan herbal secara alami di Wilayah RT.05 RW 17 Perumahan Cibiru Asri Kelurahan Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Pemberian informasi dan pendampingan untuk meningkatkan swadaya masyarakat untuk mengoptimalkan tanaman yang ada disekitarnya
Pemberian informasi dan pendampingan untuk meningkatkan swadaya masyarakat untuk mengoptimalkan tanaman yang ada disekitarnya (UBK)

Sebelum melakukan pembuatan produk ramuan herbal, kami melakukan pemaparan video edukasi mengenai penanganan demam pada bayi dan balita serta bagaimana melakukan perawatan dengan penggunaan bahan herbal yang ada disekitar masyarakat.

Pemilihan pembuatan produk herbal dari TOGA ini, dikarenakan produk tersebut simple, pembuatan dan bahan yang digunakan menggunakan bahan mudah ditemukan di dapur masyarakat yang sering digunakan sebagai bahan masak sehari – hari.

Tutorial pembuatan produk herbal dari TOGA  yang diminati masyarakat
Tutorial pembuatan produk herbal dari TOGA yang diminati masyarakat (UBK)

Pembuatan produk herbal dari TOGA dilakukan oleh masyarakat di Wilayah RT.05 RW 17 Perumahan Cibiru Asri Kelurahan Cibiru Wetan dengan bimbingan dan pendampingan langsung oleh para dosen yang terlibat, hasil dari pembuatan produk herbal dari TOGA ini dapat diaplikasikan langsung dikehidupan sehari – hari, sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan masyakarat dalam meningkatkan sistem imun dimasa pandemic covid 19 saat ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK (dok. UBK)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved