Breaking News:

Kampung Wisata Literasi Cinambo Menambah Koleksi Kampung Wisata di Kota Bandung

Pemkot Bandung berencana sampai 2023 membangun sampai delapan kampung wisata di beberapa kecamatan sesuai dengan kearifan lokal.

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Kamis (5/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pemerintah Kota Bandung menambah lagi satu kampung wisata, yakni Kampung Wisata Literasi di Cinambo.

Penambahan kampung wisata ini secara resmi dihadiri oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Rabu (1/12/2021).

Oded mengatakan Pemkot Bandung berencana sampai 2023 membangun sampai delapan kampung wisata di beberapa kecamatan sesuai dengan kearifan lokal.

"Saya berharap literasi dengan adanya kampung literasi masyarakatnya bisa memiliki kemampuan menulis dan membaca dengan baik," katanya.

Ke depan, ucapnya, kampung wisata itu bisa menjadi destinasi wisata.

Baca juga: Kampung Wisata Syamiil Quran, Wisata Religi di Kota Bandung, Ini Keunggulannya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari menambahkan saat ini dengan adanya Kampung Wisata Literasi Cinambo telah ada sebanyak empat kampung wisata di Kota Bandung.

"Pada 2022 rencananya akan buat dua kampung wisata. Pad 2023 kami buat lagi dua, tetapi kembali lagi ke kesiapan wilayahnya. Ketika mereka siap ya kami akan datangi untuk melihat apakah sudah penuhi kriteria atau belum," ujarnya.

Kenny juga menyebut salahsatu kriteria untuk kampung wisata ialah masyarakatnya sangat aktif, sehingga pengembangan wisata berbasis pada masyarakat alias akar rumput bukan dari pemerintah. 

"Kampung wisata yang sudah ada di Bandung, antara lain kampung wisata Cigadung, Kampung wisata Binong, dan Kampung Wisata Braga," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved