Breaking News:

Pilpres 2024

Warga Jabar Inginkan Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024, Menurut Hasil Survei JSPP, dengan Partai Ini

Ridwan Kamil menjadi salah satu nama yang diharapkan warga Jawa Barat maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2024.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Direktur JSPP, Muhammad Salman Ramdani, saat memaparkan hasil survei di Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (30/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ridwan Kamil menjadi salah satu nama yang diharapkan warga Jawa Barat maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2024.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) bekerja sama dengan Rectoverso Institute pada 18-24 November 2021, terhadap 800 responden di 27 kabupaten/kota dengan tingkat margin of error 3,53 persen, warga Jabar menginginkan ada warganya yang menjadi presiden.

Direktur JSPP, Muhammad Salman Ramdani, mengatakan, sebanyak 34,56 persen responden menyarankan Ridwan Kamil mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

Sebanyak 28,99 persen responden lainnya menyarankan agar Ridwan Kamil mengikuti pemilihan gubernur (pilgub) Jabar untuk periode kedua.

Sisanya atau 36,46 persen responden mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

"Terkait posisi capres atau cawapres, sebanyak 29,33 persen responden menilai Ridwan Kamil tepat menempati posisi cawapres dan 28,32 persen responden lainnya menilai Ridwan Kamil tepat menempati posisi capres dan 42,35 persen responden mengaku tidak tahu atau tidak menjawab," ujar Salman Ramdani saat memaparkan hasil survei di Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (30/11/2021).

Responden pun ditanya terkait kendaraan politik Ridwan Kamil jika maju dalam Pilpres.

Sebanyak 31,65 persen responden mengaku setuju Ridwan Kamil bergabung dengan partai politik (parpol), 6,46 persen responden mengaku tidak setuju, dan 61,90 persen lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

"Mayoritas warga Jabar memang setuju jika Ridwan Kamil segera bergabung dengan parpol dan mereka umumnya mendorong Ridwan Kamil bergabung dengan Partai Gerindra," katanya.

Total responden yang mendorong Ridwan Kamil masuk Partai Gerindra mencapai 33,20 persen.

"Saya kira wajar karena Jabar selama ini menjadi basis Partai Gerindra," ucapnya.

Responden juga umumnya menaruh harapan kepada Ridwan Kamil agar terus bekerja lebih baik lagi dan sering turun ke lapangan, bertemu masyarakat.

"Selain itu, responden juga meminta Ridwan Kamil memperbanyak lapangan pekerjaan," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved