Breaking News:

Wakil Ketua DPRD Jabar Usulkan Pembentukan Duta Pancasila ke Pemprov Jabar

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh mengusulkan pembentukan duta Pancasila kepada Pemerintah

Editor: Ichsan
dok.pribadi
Wakil Ketua DPRD Jabar Usulkan Pembentukan Duta Pancasila ke Pemprov Jabar 

TRIBUNJABAR.ID - Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh mengusulkan pembentukan duta Pancasila kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Oleh Soleh saat mengisi kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat di Hotel Kampung Legok, Kabupaten Bandung Barat pada, Selasa, 30 November 2021.

"Di tengah menguatnya arus radikalisme saat ini, saya mengusulkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar membentuk duta Pancasila," kata Oleh Soleh dalam rilisnya, Selasa (30/11/2021).

Politikus PKB ini mengatakan nantinya duta Pancasila ini harus ada minimal satu orang di satu desa di Jawa Barat.

"Nantinya duta Pancasila ini akan ada di setiap desa di Jawa Barat, saya optimistis bilamana ada gejala-gejala yang muncul terkait dengan radikalisme ini dapat secepatnya terdeteksi," katanya.

Baca juga: Warga Indramayu Temukan Burung yang Identik dengan Garuda Pancasila, Jambulnya yang Khas Begitu Unik

Karena itu menurutnya, duta Pancasila merupakan strategi yang perlu dilakukan oleh Pemrov Jabar untuk membendung radikalisme.

"Jadi radikalisme kebangsaan itu tidak boleh dibiarkan begitu saja karenanya harus ada treatment khsusus dari Pemrov Jabar mengenai hal ini salah satunya dengan pembentukan duta Pancasila yang saya usulkan tadi," ujarnya.

Ia menjelaskan radikalisme dipengaruhi suatu pemahaman baru yang dibuat-buat oleh pihak tertentu mengenai suatu hal, seperti agama, sosial, dan politik, seakan menjadi semakin rumit karena berbaur dengan tindak terorisme yang cenderung melibatkan tindak kekerasan.

"Berbagai tindakan teror yang tak jarang memakan korban jiwa seakan menjadi cara dan senjata utama bagi para pelaku radikal dalam menyampaikan pemahaman mereka dalam upaya untuk mencapai sebuah perubahan," ujarnya.

"Padahal jika memiliki pemahaman yang utuh mengenai empat pilar kebangasaan tentu radikalisme ini dapat dihindari dan diantisipasi," ujarnya.

Baca juga: Ironi di Momen Sumpah Pemuda, PLI Sebut Banyak Anak Muda Zaman Now Tak Hafal Pancasila

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved