Breaking News:

Tingkatkan Mutu Pelayanan, BPJS Kesehatan Laksanakan Rekredensialing di RS UKM

BPJS Kesehatan Cabang Soreang bersama Dinkes Kab. Bandung lakukan kegiatan rekredensialing di di Rumah Sakit Unggul Karsa Medika, Senin (22/11)

BPJS Kesehatan Cabang Soreang bersama Dinkes Kab. Bandung lakukan kegiatan rekredensialing di di Rumah Sakit Unggul Karsa Medika, Senin (22/11) 

TRIBUNJABAR.ID - Demi menjaga standar mutu dan memastikan peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, BPJS Kesehatan Cabang Soreang bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan rekredensialing di fasilitas kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) untuk berkomitmen memberikan pelayanan optimal bagi peserta JKN-KIS.

Kali ini, kegiatan rekredensialing tersebut dilakukan di di Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (RS UKM), Senin (22/11). Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Rizky Habibie mengatakan proses rekredensialing yang dilakukan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan agar meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS yang datang ke rumah sakit. 

"Tujuan dilakukannya rekredensialing di RS Unggul Karsa Medika ini untuk memastikan mutu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh peserta JKN-KIS. Nantinya ada beberapa poin yang akan kami tinjau, seperti kompetensi SDM, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, dan lain-lain. Semua ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga serta meningkatkan mutu dan kepuasan peserta," ujar Rizky. 

Rizky menambahkan, proses rekredensialing ini merupakan proses yang dilakukan secara rutin oleh BPJS Kesehatan setiap tahunnya. Proses tersebut dilakukan BPJS Kesehatan selaku badan penyelenggara Program JKN-KIS yang menjalin kerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan diantaranya rumah sakit dan juga FKTP yakni Puskesmas, Dokter Keluarga, Dokter Gigi Keluarga dan Klinik Pratama.

"Ada beberapa kelengkapan berkas yang harus dilengkapi untuk melakukan proses rekredensialing, diantaranya NPWP, Surat Ijin Operasional, Surat Ijin Praktik (SIP) bagi dokter/dokter gigi, Surat Ijin Praktik Apoteker (SIPA), dan Surat Ijin Praktik/Surat Ijin Kerja (SIP/SIK) bagi tenaga kesehatan lain, Perjanjian Kerja Sama dengan jejaring (jika diperlukan) serta surat penyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang terkait dengan Jaminan Kesehatan Nasional," ungkap Rizky.

Proses rekredensialing ini disambut baik oleh Direktur RS Unggul Karsa Medika, Theresia Monica Rahardjo saat ditemui di sela-sela proses rekredensialing. Menurut Dok Mo sapaan akrabnya, proses rekredensialing memang sangat perlu dilakukan agar rumah sakit memenuhi standar-standar pelayanan dan melakukan perbaikan-perbaikan dalam berbagai aspek.

“Jadi menurut saya penting dilakukan proses rekredensialing ini untuk memastikan bahwa RS kami ini memang layak untuk melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dalam pelayanan, kami selalu berusaha memberikan layanan terbaik kepada seluruh peserta JKN-KIS dengan meningkatkan mutu pelayanan. Mohon arahan dan bimbingannya dari BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung agar RS UKM kedepannya semakin lebih baik lagi," ujar penggagas terapi plasma konvalesen (TPK) untuk pasien COVID-19 di Indonesia ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved