UMKM Terus Tumbuh, Pembayaran Digital ShopeePay Meningkat 5 Kali Lipat

Para pelaku UMKM kini berlomba-lomba memaksimalkan penggunaan layanan digital hampir di setiap aspek bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan warga

Dokumentasi ShopeePay
Arto Biantoro, Brand Activist, Penggiat Brand Lokal, Eka Nilam, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay dan Maulana Hakim, CEO Teguk saat wawancara virtual. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG- Di masa pandemi Covid-19, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) justru semakin bangkit meskipun harus menerjang berbagai gempuran. 

Pelaku UMKM pun semangat melakukan inovasi dan adaptasi untuk mengikuti kebutuhan pasar yang dinamis.

Arto Biantoro, Brand Activist, Penggiat Brand Lokal, mengatakan di tengah segala keterbatasan selama pandemi Covid-19, digitalisasi menjadi kunci utama yang membantu pelaku UMKM menyokong keberlangsungan bisnis mereka. 

Para pelaku UMKM kini berlomba-lomba memaksimalkan penggunaan layanan digital hampir di setiap aspek bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat. 

"Hal ini termasuk memperluas kehadiran bisnisnya di media sosial, menggunakan layanan pesan instan untuk mempermudah komunikasi, mengeksplorasi strategi marketing digital, hingga menyediakan layanan pembayaran digital," ujar Arto dalam wawancara virtual, Senin (29/11/2021). 

Baca juga: Kepala Dinas KUK Jawa Barat: Berkat UMKM Naik Kelas, 13,8 Persen Usaha Mikro Jadi Usaha Kecil

Eka Nilam, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, mengatakan, perubahan ini tercermin dari makin tingginya penetrasi layanan pembayaran digital ShopeePay di UMKM sepanjang 2021.

Ada peningkatan lima kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. 

 “Kami memahami bahwa pandemi telah mengakselerasi digitalisasi bisnis di berbagai industri, termasuk UMKM. Untuk itu, ShopeePay berupaya mendukung kemajuan UMKM melalui sederet program yang diharapkan dapat membantu mendorong performa bisnis, salah satunya adalah stimulus melalui program kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals," ujar Eka. 

ShopeePay 12.12 Birthday Deals ini akan berlangsung dari 28 November-14 Desember 2021 yang menghadirkan beragam promo dan penawaran spesial diharapkan dapat semakin menstimulasi pertumbuhan UMKM. 

Baca juga: Pegadaian Upgrade Kompetensi UMKM Kabupaten Bandung

Salah satu UMKM yang berpartisipasi adalah Teguk.

 Maulana Hakim, CEO Teguk, mengatakan Teguk bisa terus tumbuh walau di tengah gempuran pandemi Covid-19 karena  strategi marketing yang tepat sasaran.

"Teguk melakukan stimulus  berupa promo yang berperan penting dalam pertumbuhan bisnis Teguk pada 2021," ucapnya. 

Hal ini juga, ucapnya, tampak pada kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals yang berkontribusi menarik ribuan pelanggan baru untuk Teguk. 

Berbagai penawaran spesial bersama ratusan UMKM yang berpartisipasi di kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals diharapkan dapat semakin mendorong pertumbuhan bisnis lokal. 

UMKM bisa memperoleh manfaat visibilitas yang lebih luas sehingga dapat menjangkau konsumen baru serta memperkuat hubungan dengan pelanggan setia.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved