Breaking News:

Mengenal Kahormatau di TNI AU, Kini Dijabat Komandan Baru, Begini Tugasnya

Percepatan inovasi bidang pertahanan yang kompleks sarat teknologi tinggi, jadi tantangan bagi Komando Pemeliharaan Materil Angkatan Udara Kahormatau

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Nazmi Abdulrahman
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, saat memimpin sertijab Kahormatau dari Marsekal Muda TNI Tri Suryono kepada Marsekal Muda TNI Eddy Supriyono di Markas Koharmatau, Komplek Lanud Husein Sastra‎negara, Kota Bandung, Senin (29/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Percepatan inovasi dibidang pertahanan yang kompleks dan sarat dengan teknologi tinggi, menjadi tantangan bagi Komando Pemeliharaan Materil Angkatan Udara (Koharmatau).

Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, saat memimpin sertijab Kahormatau dari Marsekal Muda TNI Tri Suryono kepada Marsekal Muda TNI Eddy Supriyono di Markas Koharmatau, Komplek Lanud Husein Sastra‎negara, Kota Bandung, Senin (29/11/2021).

"Ini dapat dilihat dari semakin luasnya penggunaan bahan komposit yang digunakan untuk material pesawat. Bahkan teknologi artificial intelligence (AI) terus dikembangkan dalam berbagai alutsista udara terkini,"‎ ujar Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca juga: Diah Nurwitasari Sosialisasikan 4 Pilar MPR-RI di Kabupaten Bandung

Menurut Fadjar‎, dalam waktu dekat TNI AU juga akan mengakuisisi berbagai alutsista udara dengan teknologi yang mutakhir.

"Inilah tantangan bagi Koharmatau sebagai 'leading sector' dalam bidang pemeliharaan," ucapnya.

‎Koharmatau, kata dia, harus memastikan kesiapan operasi alutsista dan menjamin kemampuan SDM dibidang pemeliharaan agar TNI AU dapat menjalankan tugas pada level tertinggi.

"Koharmatau dan jajarannya adalah gerbang awal kesiapan materil alutsista udara yang krusial dalam menjamin keberhasilan tugas," katanya.

Ia pun menyampaikan agar Koharmatau dapat senantiasa mempertahankan profesionalismenya dan peran tersebut menjadi tanggung jawab Dankoharmatau.

"Amanah tersebut sudah dilaksanakan dengan baik oleh Marsekal Muda Tri Suryono selama 21 bulan ini sebagai Dankoharmatau," ucapnya.

Baca juga: Evakuasi 26 WNI dari Afganistan, Pesawat TNI AU Sempat Tertahan di Kabul

Fadjar berpesan kepada Dankoharmatau yang baru yakni Marsekal Muda Eddy Supriyono, agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya.

"Dankoharmatau yang baru harus bisa memastikan kesiapan materil. Khususnya dalam hal pemeliharaan alutsista TNI AU sehingga dapat melaksanakan berbagai tugas untuk melindungi tanah air dan angkasa Indonesia," katanya.

Dankoharmatau pun, kata Fadjar, harus mampu beradaptasi dan mempelajari tugas-tugas yang diamanahkan.

"Bangun sinergi yang baik dengan para stakeholders sehingga tugas Koharmatau bisa berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved