Breaking News:

Limbah Used Cooking Oil Memberdayakan Posyandu RW 13 Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung

Universitas Bhakti Kencana mengusung tema recycle ekonomi  memberdayakan posyandu dengan mengumpulkan limbah jelantah kita berdayakan posyandu, tentun

UBK
Kegiatan sosialisasi 

TRIBUNJABAR.ID, Limbah used cooking oil atau yang familier dengan nama jelantah, oleh masyarakat kita limbah ini banyak dibuang melalui saluran air rumah tangga yang mana dapat mengakibatkan dampak terhadap lingkungan . Jelantah ini merupakan salah satu limbah yang mempunyai nilai manfaat dan nilai ekoni jika di recycle,  menjadi barang baru yang lebih bernilai seperti misalnya yang paling sederhana bisa kita rubah menjadi sabun, lilin bahkan sampai menjadi sumber energi yang terbarukan seperti biodesel.

Dalam pengabdian kali ini kami dosen Universitas Bhakti Kencana mengusung tema recycle ekonomi  memberdayakan posyandu dengan mengumpulkan limbah jelantah kita berdayakan posyandu, tentunya limbah ini bukan untuk digunakan Kembali atau reused tetapi dihimpun untuk dijadikan rupiah atau kita jual kepada agen sebagai bahan baku biodesel yang akan diekspor ke pasar eropa.

Kegiatan Edukasi
Kegiatan Edukasi (UBK)

Pengabdian masyarakat dilakukan oleh Dosen Universitas Bhakti Kencana : Ning Hayati, SST.,M.Kes, Sumbara,S.Kep.,Ners.,M.Kep, Ns. Hilman Mulyana.,S.Kep.,M.Kep,Apt. Purwanti.,M.Si, Ns Heni Aguspita Dewi,S.Kep.,M.Kep, Sri Wulan Megawati, S.Kep., Ners M.Kep kegiatan di mulai pada 7 Nopember sampai 24 Nopember  yang melibatkan  dosen dan mahasiswa, dengan rangkaian kegiatan yang kita mulai dari sosialisasi kepada masyarakat dan stakeholder khususnya di lingkungan RW 13 desa Cibiru wetan  sebagai mitra.

Rangkaian acara selanjutnya edukasi membuka wawasan terkait prinsip recycle ekoni  bagaimana kiat menyikapi limbah menjadi suatu yang mempunyai nilai salah satunya adalah menampung limbah tidak lagi membuang ke tempat umum tetapi kita himpun dan kita buka wawasan masyarakat tentang  peluang pasar mulai dari pengepul, agen sampai ekspor . pada saat ini kita cukup pada pengumpulan saja sesuai kemampuan kita , kemudian limbah ini kita jual dan kita donasikan hasil penjualan ini kepada posyandu.

Dana Hasil Donasi Limbah jelantah Dimanfaatkan Untuk PMT Balita
Dana Hasil Donasi Limbah jelantah Dimanfaatkan Untuk PMT Balita (UBK)

Kegiatan ini disambut cukup antusias oleh masyarakat terutama kader karena masalah posyandu yang terkait dengan dana PMT atau pemberian makanan tambahan yang awalnya  sangat tergantung kepada dana sumbangan sukarela warga, pada posyandu kali ini sudah mulai bisa dirasakan oleh kader untuk kegiatan,  posyandu sudah lebih mandiri sehingga impact terhadap PMT akan lebih baik.

Kegiatan Donasi Jelantah ke posyandu
Kegiatan Donasi Jelantah ke posyandu (UBK)

Evaluasi hasil kegiatan rabu 24 Nopember 2021 pengabdian masyarakat di RW 13 desa Cibiru Wetan  ini pada akhir kegiatan terus berjalan , bukan sekedar seremonial karena masyarakat telah merasakan baik dampak terhadap posyandu maupun terhadap lingkungan.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK (dok. UBK)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved