Breaking News:

Wagub Jabar Datangi Lokasi Banjir Bandang di Garut, Ini yang Disampaikan Soal Penanganan Korban

Wagub Jabar  Uu Ruzhanul Ulum datangi lokasi banjir bandang di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut. Minggu (28/11/2021).

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Sidqi Al Gifari
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum datangi lokasi banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut. Minggu (28/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Sidqi Al Ghifari

 
  
TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Wagub Jabar  Uu Ruzhanul Ulum datangi lokasi banjir bandang di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut. Minggu (28/11/2021). 

Dalam kunjungannya, Wagub Jabar mengatakan Pemprov Jabar  merespons cepat situasi dan kondisi masyarakat Jabar khususnya di Garut yang saat ini terdampak banjir bandang.

Baca juga: Cerita Haru Secarik Kertas Pertemukan Anak dan Ibu Bertemu Setelah Terpisah 23 Tahun

"Saya harus menindaklanjuti apa dan bagaimana kejadian ini supaya yang pertama tanggap darurat, sehingga masyarakat bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari tidak terganggu dengan pasca banjir," ujarnya saat diwawancarai awak media. 

Ia menjelaskan langkah pertama pihaknya akan terlebih dulu membersihkan  material pasca banjir dengan dilakukan pengerukan sungai ataupun solokan kecil agar meminimalisir terjadinya bencana banjir kembali.

“Karena secara kasat mata dari atasnya besar dari hulu ada penyempitan disini, sehingga air datangnya begitu banyak dan cepat balik lagi karena penyempitan, ini minta disodet,” ucapnya. 

Baca juga: Hendra Laporkan Oknum Polisi: Diinterogasi, Ditangkap, Dianiaya, Eh Ternyata Salah Tangkap

Setelah itu pihaknya juga akan memperbaiki jembatan yang rusak juga terputus.  Diketahui satu jembatan terputus berada di kawasan Ciloa, Desa Mekarwangi

Ia juga meminta semua pihak termasuk kehutanan, perkebunan, sumber daya air, BPBD juga Pemkab Garut untuk meninjau kembali untuk melakukan pemeriksaan kawasan hulu. 

"Antara lain berpikir bagaimana di hulu apakah disitu harus ada pohon ditegakkan lagi, karena sebelumnya di sini tidak pernah terjadi banjir seperti ini," ungkapnya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan pihaknya akan menindak tegas juga melakukan evaluasi terkait penyebab banjir bandang tersebut untuk meminimalisir bencana di masa yang akan datang. 

"Tentunya ini harus dievaluasi, tapi secara kasat mata kita menyimpulkan bahwa harus banyak tegakan lagi, Pak Wagub memerintahkan untuk memperbanyak tindakan tegas," ujarnya.(*) 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved