Breaking News:

Satreskrim Usut Penyebab Ratusan Anggota Polresta Cirebon Terdata Sebagai Penerima Bansos

Satreskrim Polresta Cirebon akan mengusut penyebab ratusan anggota Polresta Cirebon ada di daftar data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mega Nugraha
Shutterstock
Cara mengecek nama penerima BST Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id 

TRIBUNJABAR.ID,CIREBON- Satreskrim Polresta Cirebon akan mengusut penyebab ratusan anggota Polresta Cirebon ada di daftar data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) atau data penerima bansos.

Kapolresta Cirebon Kombes Arif Budiman menerangkan, penyusunan DTKS memakai mekanisme bottom up atau diusulkan dari bawah ke atas sehingga masuknya ratusan angggota Polri itu murni karena kealpaan bisa jadi kesengajaan atau hal lainnya.

Baca juga: Saat PRT di Bandung Dibikin Bangga dengan Profesinya, Emas Batangan Mini Dihadiahkan Untuk Mereka

"Proses ini yang didalami tim Satreskrim Polresta Cirebon dan akan dikonfirmasi ke Dinsos Kabupaten Cirebon untuk mencermati penyusunan datanya," ujar Kombes Arif Budiman di Mapolresta Cirebon, Sabtu (27/11/2021).

Diberitakan sebelumnya, ribuan ASN di Kabupaten Cirebon terdata sebagai penerima bansos. Hal itu diketahui dari hasil evaluasi Kemensos dan Dinsos.

Mereka meliputi pegawai pemda, TNI, Polri, pegawai BUMN dan BUMD, kuwu hingga anggota DPRD yang jumlahnya mencapai 2000-an orang.

Baca juga: Satpam dan Teller Disekap saat Perampok Beraksi di Bank Swasta di Obyek Vital Nasional Karawang

Di Polresta Cirebon, ternyata ada ratusan anggota Polri yang terdata dalam DTKS. Namun, Kombes Pol Arif Budiman, memastikan mereka yang terdaftar dalam DTKS tersebut tidak menerima bansos apapun.

Sebab, menurut dia, mereka tidak ada yang terkonfirmasi dan terverifikasi untuk diusulkan sebagai penerima bantuan dari DTKS.

"Kami telah menelusuri, mengecek, dan memverifikasi, hasilnya tidak ada satupun anggota yang menerima bansos," kata dia.

Ia mengatakan, ratusan anggota Polri yang terdaftar dalam DTKS tersebut juga tidak semuanya berdinas di Polresta Cirebon.

Baca juga: Kesaksian Pedagang Keliling saat Bank Swasta di Karawang Dirampok, Pelaku Seperti Bawa Senpi

Namun, ada juga yang berdinas di satuan lain tetapi berdomisili di Kabupaten Cirebon sehingga turut terdaftar dalam DTKS.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved