Breaking News:

Kasus Perampasan Nyawa di Purwakarta, 6 Anggota TNI AL Dihukum, Terdakwa Sipil Masih Disidang

Meski hukuman penjara berbeda-beda, keenam oknum anggota TNI AL tersebut dipecat dari dinas militer.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Jonisah Pandapotan Manalu, orang tua perampasan nyawa oleh enam oknum anggota TNI AL ketika diwawancara di Pengadilan Negeri Purwakarta, Kamis (25/11/2021).  

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Enam oknum anggota TNI AL, pelaku perampasan nyawa Fransiscus Manalu, warga Purwakarta telah diadili di Pengadilan Militer Bandung.

Mereka mendapat hukuman yang berbeda. Tiga orang mendapat vonis 9 tahun penjara, satu orang 11 tahun penjara, ada yang 12 tahun penjara, dan satu lagi 13 tahun penjara.

Meski hukuman penjara berbeda-beda, keenam oknum anggota TNI AL tersebut dipecat dari dinas militer.

Mereka dijerat Pasal 340 tentang pembunuhan berencana pada dakwaan primer, lalu Pasal 338 KUH Pidana tentang pembunuhan dan Pasal 351 KUH Pidana tentang penganiayaan mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

Selain mereka, dalam kasus ini, ada juga terdakwa warga sipil. Ia merupakan orang tua dari satu di antara oknum anggota TNI AL yang terlibat dalam kasus perampasan nyawa tersebut.

Baca juga: 6 Oknum TNI AL Terbukti Bersalah Merampas Nyawa Fm di Purwakarta, Dihukum 9-13 Tahun Bui dan Dipecat

Terdakwa warga sipil itu masih mengikuti proses sidang. Terdakwa bernama Rasta itu mengikuti sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri Purwakarta, Kamis 25 November 2021.

Orang tua korban, Jonisah Pandapotan Manalu, mengatakan keluarga mengharapkan hakim Pengadilan Negeri Purwakarta memberikan putusan yang seadil-adilnya.

"Saya sudah menjelaskan kepada pengadilan, JPU, dan penasihat hukum terdakwa. Saya harap sesuai dengan tuntutan jaksa penutut umum sesuai dengan pasal 340 KUHP maksimal hukuman mati, minimal seumur hidup atau 20 tahun penjara," ujar Jonisah setelah sidang di Pengadilan Negeri Purwakarta, Kamis (25/11/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved