Breaking News:

Setiap Hari Timbunan Sampah Capai 1.600 Ton, DLHK Kota Bandung Dorong Tiap Kelurahan Lakukan Ini

DLHK Kota Bandung menyebut setiap hari jumlah timbunan sampah mencapai 1.600 ton, dengan 82 persen diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi di TPA Sarimukti. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Permasalahan sampah di Kota Bandung masih belum menemukan solusi maksimal.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung menyebut setiap hari jumlah timbunan sampah mencapai 1.600 ton, dengan 82 persen diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala Seksi Kerjasama Teknis Operasional DLHK Kota Bandung, Deti Yulianti menjelaskan terus berusaha agar jumlah sampah yang diangkut ke TPA semakin menipis dengan target tahun depan hanya 70 persen dari total sampah yang ada.

"Kondisi TPA Sarimukti tak lagi punya kapasitas menampung sampah. Nanti sampah akan diangkut ke TPPAS Legok Nangka. Kota Bandung dituntut kurangi angkutan sampah 24 persen, ya caranya lewat sampah diolah dari skala kelurahan," ujarnya, Kamis (25/11/2021) di Balaikota.

Penanganan sampah di Bandung, lanjutnya, terdiri dari penyapuan jalan, pengangkutan sampah ke TPA, serta memilah dan mengolah sampah di sumber sampah maupun di TPS.

Tercatat, katanya, ada 60 RW yang lakukan sistem pemilahan sampah. 

"Tentu kami akan lanjutkan program-program pengurangan sampah di 2022, semisal bangkitkan bank sampah dan mendorong kawasan bebas sampah (KBS) hadir di 60 kelurahan. Jadi, permasalahan sampah sedikit demi sedikit mulai teratasi," ujarnya.

DLHK juga berusaha untuk mengubah perilaku masyarakat untuk mau memilah sampah mulai pintu rumah sehingga dapat berkurang sampah yang ke TPA, serta mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk tak gunakan barang sekali pakai, seperti kantong plastik maupun botol minuman.

"Kami semua tak ingin Kota Bandung jadi lautan sampah. Pokoknya Bandung kudu bersih," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved