Breaking News:

Respon Mantan Suami Saat Jaksa Kejagung Cabut Tuntutan Valencya di Kasus KDRT Suami Mabuk-mabukan

Kuasa hukum Chan Yung Ching, bekas suami Valencya tidak berkutik saat jaksa Kejagung cabut tuntutan untuk Valencya.

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cikwan Suwandi
Hujan deras di sekitar Pengadilan Negeri Kelas II A Karawang saat Valencya, ibu di Karawang membacakan pembelaan setelah dituntut 1 tahun pidana oleh jaksa Kejari Karawang. 

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG- Kuasa hukum Chan Yung Ching, bekas suami Valencya tidak berkutik saat jaksa Kejagung cabut tuntutan untuk Valencya.

Seperti diketahui, Valencya juga melaporkan suaminya atas tuduhan penelantaran keluarga sebagaimana diatur di Pasal 9 ayat 1 Undang-undang KDRT.

Di sisi lain, Chan Yung Chin melaporkan istrinya ke polisi karena tuduhan kekerasan psikis berupa memarahi suami karena mabuk-mabukan. Di persidangan, Valencya dituntut 1 tahun penjara oleh jaksa Kejari Karawang.

Belakangan, para jaksa yang menuntut Valencya dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak peka terhadap kondisi psikologis Valencya.

Kemudian, pada sidang replik di Pengadilan Negeri Karawang, Selasa (23/11/2021), jaksa Kejagung Syahnan Tanjung mencabut tuntutan pada Valencya.

Baca juga: Peran Penuntut Umum Tertinggi, Alasan Tuntutan Valencya Dicabut di Kasus KDRT Suami Mabuk-mabukan

Sementara itu, Syahnan Tanjung lanjut membacakan tuntutan untuk Chan Yung Ching dengan tuntutan pidana 6 bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun.

Tanggapan Kuasa Hukum Chan Yung Ching atas Cabut Tuntutan

Kuasa hukum Chan Yung Ching, Hotma Raja Bernard Nainggolan tak berkutik saat Valencya tuntutannya dicabut.

“Kami menghormati keputusan hukum. Mungkin ini menjadi penemuan hukum bahwa mungkin ke depan masalah keluarga itu bisa polisi atau jaksa lebih mengedepankan restorative justice (RJ), bahwa semua orang diusahakan berdamai,” kata Bernard di Pengadilan Negeri Karawang, kemarin.

Bernard mengakui sebenarnya pihak Chan sudah melakukan upaya perdamaian. Namun, belum menemui kata sepakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved