Breaking News:

Perpres 87 Tahun 2021 Jadi Peluang Emas Kebangkitan Ekonomi Jabar di Tengah Pandemi Covid-19

Perpres No 87 Tahun 2021 bisa menjadi peluang emas untuk kebangkitan ekonomi Jabar di tengah pandemi Covid-19

Editor: Siti Fatimah
Disparbud Jabar
Ilustrasi - Peta Segitiga Rebana 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Adanya Peraturan Presiden No 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar Selatan harus ditindaklanjuti oleh semua pihak. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, adanya Perpres No 87 Tahun 2021 ini bisa menjadi peluang emas untuk mendongkrak perekonomian di Kota Bandung.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, Perpres No 87 Tahun 2021 ini patut disyukuri bagi warga Jawa Barat karena Perpres ini mengalokasikan Rp 400 T untuk pengembangan infsratruktur di Jawa Barat bagian Timur dan wilayah Rebana yakni Subang, Sumedang, Indramayu, Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon serta Jabar Selatan seperti Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Garut.

"Adanya Perpres ini memberikan optimisme yang tinggi khususnya bagi warga Jabar bagaimana nantinya perekonomian di provinsi ini akan naik. Karena Pemerintah pusat dan daerah sudah siapkan anggaran besar untuk pembangunan di kawasan tersebut," kata Arsjad pada acara diskusi webinar Kupas Tuntas Peluang dan Tantangan Bisnis dan Investasi dalam Pelaksanaan Perpres No 87 Tahun 2021 belum lama ini.

Baca juga: Masuk Kawasan Metropolitan Rebana, Majalengka Obral Peluang Investasi, Punya Daerah Industri Baru

Menurutnya, Perpres ini juga menjadi kesempatan bagi swasta untuk ikut serta dalam proyek-proyek yang dipimpin pemerintah. "Jadi disini peran swasta sangat dibutuhkan," katanya.

Kadin Indonesia melalui Kadin Jabar akan semaksimal mungkin mempromosikan kepada calon investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid soal Perpres No 87 Tahun 2021
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid soal Perpres No 87 Tahun 2021 (tangkapan layar)

Ia mengatakan, bagi warga Jabar, ini menjadi kesempatan emas untuk mewujudkan perekonomian.

Baca juga: Perpres Tentang Kawasan Rebana dan Jabar Bagian Selatan Terbit, Pemprov Jabar Segera Tindaklanjuti

"Kita Harus bersama-sama bergotong royong menyambut peluang ini, terutama yang bergerak di sektor UMKM," Katanya.

Ketua Kadin Jabar, Cucu Sutara mengatakan, pihaknya mendorong semua anggota Kadin Jabar untuk ikut berperan aktiv mendukung terwujudnya Perpres No 87 Tahun 2021.

"Saat pandemi, para pelaku usah banyak yang terdampak. Adanya Perpres 87 ini bisa menjadi kesempatan bagi semua pihak termasuk anggota Kadin Jabar untuk sama-sama mendongkrak kembali bahkan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Barat, bahkan lebih baik lagi," katanya.

Baca juga: Dua Kawasan Rebana Akan Ditawarkan ke Investor Timur Tengah, Emil Akan Safari ke Abu Dhabi

Kepala Bappeda Jabar, Ferry Sofwan Arif mengatakan, Bappeda Jaba memiliki komitmen kuat dan tinggi atas Perpres 87 agar bisa segera diwujudkan.

Terlebih Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga selalu memberikan arahan yang jelas dalam mewujudkan perintah Perpres No 87 Tahun 2021.

Kepala Dinas PMPTSP Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih mengatakan, Perpres No 87 tahun 2021 menjadi peluang bagi investor mengingat Jawa Barat merupakan provinsi dengan nilai realisasi investasi tertinggi di Indonesia selama 5 tahun terakhir.

"Terlebih sebagian besar kawasan industri di Indonesia terletak di Jawa Barat, 28 dari 100 kawasan industri terletak di Jawa Barat," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved