Breaking News:

Lahan 10 Hektare di Ciamis Jadi Sentra Budaya Cikur, Siap Ditampung Perusahaan Besar

Lahan seluas 10 hektare di Blok Pasir Boma Dusun Cikupa Desa Werasari  Kecamatan Sadananya Ciamis sejak 3 bulan lalu ditanami dengan tanaman cikur

Penulis: Andri M Dani | Editor: Siti Fatimah
dok Gapoktan Pasir Boma/Ending
Sentra produksi cikur – Lahan seluas 10 hektare di Blok Pasir Boma Dusun Cikupa Desa Werasari Sadananya sejak 3 bulan lalu dikelola sebagai sentra budidaya cikur dengan melibatkan 120 orang petani penggarap. Sentra budidaya cikur tersebut dikelola oleh Gapoktan Pasir Boma bekerjasama dengan Bumdes Werasari. Selama ini Desa Werasari merupakan sentra produksi cikur di Ciamis 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Lahan seluas 10 hektare di Blok Pasir Boma Dusun Cikupa Desa Werasari  Kecamatan Sadananya Ciamis sejak 3 bulan lalu ditanami dengan tanaman cikur (Kaempferia galanga).

Dengan melibatkan 120 orang petani penggarap.

“Semacam sentra budidaya tanaman cikur, begitulah,” ujar Ketua Gapoktan “Pasir Boma” Desa Werasari, Ending Muhtadin kepada Tribun di  stand  HKP Tingkat Kecamatan Sadananya di Lapangan Desa Werasari Rabu (24/11) sore.

Menurut Ending di Blok Pasir Boma Dusun Cikupa ada lahan seluas 25 hektare milik Desa  Werasari yang sudah bertahun-tahun diharap petani yang juga warga setempat.

Baca juga: Harga Cikur di Tingkat Petani Bergerak Naik, Kencur Biasa untuk Bumbu Dapur dan Obat Herbal

Kini lahan seluas 25 tersebut dikelola oleh Bumdes Werasari.

Dari lahan seluas 25 hektare tersebut, seluas 10 hektar ditanami cikur yang dikelola Gapoktan Pasir Boma bekerja sama dengan Bumdes Werasari.

Dengan melibatkan 120 petani penggarap yang tergabung dalam Poktan “Harapan Makmur.”

Lahan seluas 10 hektare untuk budidaya cikur tersebut diolah dengan menggunakan kultivator (traktor darat) tidak mengandalkan pacul. 

Benih yang ditanam, adalah cikur varietas lokal Werasari  dengan besar umbinya lebih kecil tanpi citarasa aromanya khas.

Benih ciikur dan dukungan pupuk/kompos disiapkan oleh gapoktan/bumdes.

Baca juga: Ribuan Petani Unjuk Rasa Soal Lahan Tebu PG Jatitujuh, Sampaikan 5 Tuntutan di Pendopo Indramayu

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved