Breaking News:

Ini Alasan Pemkab Sumedang Kurangi Dana Bagi Hasil bagi Desa, Kades Bakal Mogok Jika Tak Dievaluasi

Menurut Ineu,porsi penerimaan Dana Bagi Hasil bersumber dari pendapatan APBN, yang dialokasikan kepada daerah dan dialokasikan kepada pemerintah desa.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar / Kiki Andriana
Ratusan kepala desa di Sumedang menggeruduk kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang, Rabu (24/11/2021). Mereka menyampaikan penolakan penurunah Dana Bagi Hasil (DBH) bagi desa.  

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumedang Ineu Inayah mengatakan penurunan realisasi penerimaan pajak sepanjang 2021 menjadi penyebab Dana Bagi Hasil (DBH) bagi desa menurun. 

"Penurunan DBH ini terjadi akibat adanya penurunan pendapatan pajak dan retribusi daerah," kata Ineu Hidayah kepada TribunJabar.id di Gedung DPRD Sumedang, Rabu (24/11/2021). 

Menurut Ineu, porsi penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) bersumber dari pendapatan APBN, yang dialokasikan kepada daerah dan dialokasikan kepada pemerintah desa. 

Kemudian, kata Ineu, dana bagi hasil yang bersumber dari pajak dan retribusi  Pemerintah Daerah yang dialokaskkan ke Pemerintah Desa. 

"Karena terjadi penurunan pendapatan pajak dan retribusi, otomatis DBH nya juga mengalami pengurangan," ucapnya. 

Meski begitu, Ineu memastikan pada tahun 2021 ini Dana Bagi Hasil dari alokasi dana desa (ADD) tidak ada pengurangan. 

"Kalau DBH ADD tidak ada pengurangan, tetapi untuk DBH pajak berkurang sebesar Rp5.5 miliar,  dan DBH retribusi berkurang sebesar Rp 676 juta, " ujarnya 

Diberitakan sebelumnya, ratusan kepala desa di Sumedang menggeruduk kantor DPRD Sumedang, Rabu (24/11/2021). Mereka menyampaikan penolakan penurunan Dana Bagi Hasil (DBH) bagi desa. 

DBH adalah dana yang dihasilkan dari pajak dan retribusi. Oleh Pemerintah Desa, DBH dialokasikan untuk insentif pengurus rukun tetangga dan rukun warga (RT/RW). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved