Breaking News:

Camat di Kota Bandung Ikuti Pelatihan ASN Berakhlak, Sekda Bilang ASN Mesti Bangga Melayani Bangsa

Camat di Kota Bandung mengikuti Pelatihan Internalisasi Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) "Berakhlak" di Grand Pasundan Convention Hotel,

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
TRIBUN JABAR/TIAH SM
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Camat di Kota Bandung mengikuti Pelatihan Internalisasi Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) "Berakhlak" di Grand Pasundan Convention Hotel, Kota Bandung, pada 24-25 November 2021.

Pelatihan sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI, Joko Widodo melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), yakni ASN harus memegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama.

Berakhlak merupakan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi ASN, yang juga akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. 

Employer branding yang merupakan moto ASN dalam bekerja menggunakan semboyan “bangga melayani bangsa”.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, mengenai nilai-nilai dan profesionalitas dari ASN, maka para camat harus sudah paham. Karena jam terbang para camat telah banyak hingga mendapat jabatan dan jenjang eselon 3.

"Jadi pada saat nanti tim (dari ESQ165) ini akan memberikan berbagai penguatan, pencerahan, atau apapun untuk perbaikan. Saya yakin bapak ibu tidak akan sulit memahami dan mengerti terhadap nilai-nilai atau substansi yang akan diberikan," ujar Ema saat membuka kegiatan, Rabu (24/11).

Ema menilai, internalisasi core values ASN dengan tagline Berakhlak dan Employer Branding sangat luar biasa. Namun yang terpenting, setelah kegiatan, para camat harus merefleksikan hal itu dalam kepemimpinannya.

Berakhlak tersebut juga sangat sejalan dengan nilai-nilai keagamaan, kenegaraan, dan pemerintahan.

"Bagaimana ini bisa terefleksikan dalam perubahan sikap, perilaku, mainset kita, itu hal yang utama. Kalau saya berpedoman pada Perda Nomor 3 tentang RPJMD, misi satu itu sebetulnya beririsan dengan ini, untuk menghadirkan kualitas sumber daya manusia bukan hanya masyarakat tapi aparatur juga," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved