Breaking News:

45 Desa di Ciamis Masuk Kategori Desa Mandiri, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal, Bupati Targetkan Ini

Dari 258 desa yang tersebar di 27 kecamatan di Ciamis sejak tahun 2020 tidak ada lagi desa tertinggal. Apalagi lagi desa kategori sangat tertinggal

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/andri m dani
Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS - Dari 258 desa yang tersebar di 27 kecamatan di Ciamis sejak tahun 2020 sudah tidak ada lagi desa tertinggal. Apalagi lagi desa kategori sangat tertinggal.

Yang ada adalah desa kategori mandiri (45 desa), desa  berkembang (93 desa) dan desa maju (120 desa).

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya dalam sambutannya pada  acara penyerahan reward bagi 45 desa kategori mandiri di Aula Setda Ciamis, Rabu (24/11) siang.

Tiap desa mandiri mendapat piagam penghargaan dan uang tunai Rp 5 juta.

Berdasarkan status Indeks Desa Membangun (IDM) yang menjadi acuan bagi Kementrian Desa, ada lima klasifikasi status desa. Mulai dari kategori desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju dan desa mandiri.

Tahun 2020 di Ciamis ada 19 desa yang masuk kategori desa mandiri. Dan tahun 2021 ini bertambah lagi 26 desa yang masuk kategori desa mandiri. Jadi total desa mandiri di Ciamis saat ini mencapai 45 desa.

Ke-45 desa mandiri tersebut tersebar di Kecamatan Panjalu ( 2 desa), Pamarican (1 desa), Cikoneng (6 desa), Rancah (2 desa), Kawali (4 desa), Cijeungjing (6 desa), Cipaku (6 desa), Sukadana (1 desa), Ciamis (3 desa), Baregbeg (4 desa), Sindangkasih (2 desa),  Sukamantri (1 desa),  Lakbok (2 desa), Cisaga (1 desa), Sadananya (2  desa), Tambaksari (1 desa) dan Kecamatan Jatinegara (1 desa).

Dari 27 kecamatan di Ciamis ada 10 kecamatan yang belum memiliki desa dengan kategori mandiri. Yakni Kecamatan Banjaranyar, Banjarsari, Purwadadi, Lumbung, Panawangan,  Cimaragas, Cidolog, Cihaurbeuti, Panumbangan dan Kecamatan Lumbung.

Selain 45 desa dengan kategori desa mandiri, di Ciamis ada  93 desa berstatus desa berkembang dan 120 desa kategori desa maju.

“Melalui penilaian IDM ini menjadi tolok ukur keberhasilan desa dalam melaksanakan pemerintahannya. Desa dengan kategori mandiri sebagai bukti keseriusan kepala desa memimpin desa masing-masing. Saya berharap agar prestasi tersebut dipertahankan dan tingkatkan inovasinya,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya.

Bupati Herdiat menargetkan dari 258 desa yang ada di Ciamis, setengahnya   berstatus sebagai desa mandiri. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved