Breaking News:

Partai Politik di Kota Bandung Terima Duit APBD, Harus Dipertanggungjawabkan

Bakesbangpol Kota Bandung membantu partai politik dalam melaporkan keuangan secara transparan dan akuntabel.

net
Ilustrasi uang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bakesbangpol Kota Bandung membantu partai politik dalam melaporkan keuangan secara transparan dan akuntabel.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bantuan keuangan bagi partai politik di Kota Bandung bersumber dari APBD Kota Bandung.

Tetapi, perlu ada pertanggungjawaban yang didasarkan atas prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Baca juga: Pawang Hujan Lapor Polisi, Dituduh Gagal Kendalikan Cuaca Sirkuit Mandalika saat WSBK 2021

"Pertanggungjawaban keuangan tentu harus berdasar pada aturan yang ada dengan penuh kehati-hatian dan kecermatan," katanya, Selasa (23/11/2021) di Balaikota Bandung.

Yana juga mengaku perlu ada bimbingan teknis ke partai politik dalam mengelola bantuan keuangan ini termasuk laporan akhir agar terhindar dari penyimpangan dana bantuan.

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung, Bambang Sukardi menambahkan bantuan hibah untuk partai politik haruslah dipertanggungjawabkan ke Wali Kota Bandung, Oded M Danial setelah mendapatkan pemeriksaan verifikasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dalam kegiatan bimbingan teknis pengelolaan bantuan keuangan bagi partai politik, hadir pula Ketua KPU Provinsi Jabar dengan membahas materi penyelarasan bantuan keuanhan parpol terhadap persiapan pelaksanaan pilkada serentak 2024.

Baca juga: Sembuh dari Cedera, Pemain Bertahan Persib Bandung Ini Nyatakan Kesiapannya Menghadapi Persiraja

Kemudian, ada pula Badan Diklat BPK dengan materi tata cara penganggaran dan penyusunan dokumen pertanggungjawaban bantuan keuangan parpol, termasuk dari Kejaksaan Negeri Kota Bandung dengan materi penyusunan LPJ dan sanksi pidana mengenai bantuan hibah untuk instansi mitra kerja Pemkot Bandung. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved