Breaking News:

Diseminasi Hasil Penelitian Otak-otak Ikan Lele Dalam Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya yang di ketuai oleh Iis Sopiah Suryani.,SST.,M.Keb (Dosen D3 Kebidanan Tasikmalaya) dengan 5 orang tim Do

UBK
Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya bersama ibu hamil Desa Tanjungpura Kec.Rajapolah Kab. Tasikmalaya 

TRIBUNJABAR.ID, Kondisi anemia pada ibu hamil mempunyai dampak kesehatan terhadap ibu dan anak dalam kandungan, Antara lain meningkatkan risiko bayi dengan berat lahir rendah, keguguran, kelahiran premature , stunting dan kematian pada ibu dan bayi baru lahir. Hasil survey menunjukkan bahwa prevalensi anemia ada ibu hamil masih sangat tinggi. Oleh karena itu harus dilakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi kejadian anemia.

Tindakan pencegahan anemia Selain mengkonsumsi tablet fe ibu hamil juga dapat mengkonsumsi makanan tambahan yang diolah sendiri untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh iis sopiah suryani., SST.,M.keb bahwa olahan ikan lele menjadi otak otak goreng ikan lele dapat meningkatkan kadar hemoglobin da saturasi oksigen dalam darah. Ikan lele merupakan salah satu bahan pangan yang mudah disajikan serta harga nya lebih murah dari ikan lainnya.

Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya bersama Kader dan Bidan Puskesmas Rajapolah Desa Tanjungpura Kec.Rajapolah Kab. Tasikmalaya
Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya bersama Kader dan Bidan Puskesmas Rajapolah Desa Tanjungpura Kec.Rajapolah Kab. Tasikmalaya (UBK)

Dengan keadaan ibu hamil yang rentan mengalami anemia maka ibu hamil hrus memenuhi gizi nya dengan menambahkan makanan tambahan bisa berupa camilan yang terbuat dai bahan ikan lele sehngga kebutuhan zat besi nya akan terpenuhi.

Hal inilah yang menjadi latar belakang Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya yang di ketuai oleh Iis Sopiah Suryani.,SST.,M.Keb (Dosen D3 Kebidanan Tasikmalaya) dengan 5 orang tim Dosen yaitu Maria Ulfah Jamil., SST.,M.Tr.Keb, Asep Mulyana., S.Kep.,MM.,M.kep, Rikky Gita Hilmawan SKM.,MKM, Sumarni.,SST.,M.Kes dan Novianti Rizki Amalia.,SST untuk melakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Tanjung pura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 12 – 18 November 2021.

Pengabdian Masyarakat ini di kelola oleh Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Bhakti Kencana yang secara rutin dilakukan setiap tahun. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang berjudul Diseminasi Hasil Penelitian Otak-otak ikan lele dalam meningkatkan kadar Hemoglobin dan Saturasi Oksigen memiliki Tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengetahui secara dini pencegahan anemia khusus nya pada ibu hamil.

Proses penyuluhan tentang pencegahan anemia dan diseminasi hasil penelitian dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya.
Proses penyuluhan tentang pencegahan anemia dan diseminasi hasil penelitian dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya. (UBK)

Dalam Pelaksanaan Pengmas kali ini kegiatannya terdiri dari Penyuluhan pencegahan anemia dan Pemeriksaan Kesehatan Tekanan Darah dan Kadar Hemoglobin Pada ibu hamil. Masyarakat antusias mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya, meraka juga dapat memahami tentang pencegahan anemia selain dengan tablet fe dapat juga disertai makanan tambahan berupa olahan ikan lele yaitu otak otak goreng ikan lele.

Proses Pemeriksaan tekanan darah dan kadar hemoglobin dalam darah pada ibu hamil di Desa Tanjungpura
Proses Pemeriksaan tekanan darah dan kadar hemoglobin dalam darah pada ibu hamil di Desa Tanjungpura (UBK)

Kegiatan Pengabdian Pengabdian Masyarakat lainnya yang dilakukan Dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya adalah Pemeriksaan Tekanan Darah dan Pemerikasaan Hemoglobin.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana (UBK)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved