Breaking News:

20 Tahun Pelihara Buaya, Sang Pemilik Kewalahan, Minta Tolong DPKPB Purwakarta Untuk Mengurusnya

kini buaya kedua yang berukuran lebih besar berhasil dievakuasi tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
Dok. DPKPB Kab. Purwakarta
Proses evakuasi buaya yang berusia 20 tahun peliharaan warga di Desa Cilingga, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Selasa (23/11/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Setelah buaya muara ditemukan di pelataran masjid di Babakancikao, Kabupaten Purwakarta beberapa waktu lalu, kini buaya kedua yang berukuran lebih besar berhasil dievakuasi tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta.

Seekor buaya yang merupakan hewan peliharaan warga di Desa Cilingga, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta telah diamankan oleh pihak DPKPB pada, Sabtu (20/11/2021).

Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengatakan, buaya tersebut berukuran 2,5 meter dengan berat 150 kilogram.

"Kami evakuasi buaya itu atas permintaan pemiliknya, karena khawatir hewan peliharaannya bisa membahayakan warga sekitar," ujar Wibie ketika dihubungi Tribunjabar.id, Selasa (23/11/2021).

Wibie mengungkapkan, buaya tersebut sudah dipelihara sang pemilik selama 20 tahun, pemiliknya mengaku kewalahan mengurusi hewan reptil tersebut.

Baca juga: Biasa Pegang Buaya Darat, Kali Ini Bupati Purwakarta Pegang Buaya Asli, Girangnya Bukan Main

"Buaya itu tidak pernah dilepas, jadi memang buaya peliharaan, semakin hari semakin besar pemiliknya juga bingung jika buaya tersebut bertambah besar, kandangnya juga tak muat khawatir membahayakan," imbuhnya.

Diketahui, pihak DPKPB Kabupaten Purwakarta setelah mengevakuasi buaya tersebut akan diserahkan ke Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Purwakarta.

"Saat ini buaya tersebut kami amankan di kantor, akan kami serahkan ke BKSDA, bisa saja nanti BKSDA membawanya ke penangkaran buaya di Kabupaten Subang agar diurus dengan baik dan dilokasi yang tepat," ucapnya. (*)

Baca juga: BKSDA Pangandaran Menerima Seekor Buaya dari Warga, Beratnya 30 Kilogram

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved