Breaking News:

Pemkot Cimahi Akan Upayakan Perbaiki Rumah Warga yang Tertimpa Longsor

Kondisi dinding rumah Ajat Sudrajat yang terkena hantaman longsoran dinding tebing Sungai Cihaur di belakang rumahnya, masih bolong besar.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Giri
Tribun Jabar / Kemal Setia Permana
Sejumlah petugas dari DPKP Cimahi sedang membersihkan reruntuhan benteng yang ambrol di Puri Cipageran Indah 1, Kota Cimahi, Sabtu (20/11/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Kondisi dinding rumah Ajat Sudrajat yang terkena hantaman longsoran dinding tebing Sungai Cihaur di belakang rumahnya, masih bolong besar.

Namun bagian bawahnya sudah dipasang tanggul karung untuk menahan aliran air sungai agar tidak masuk lagi ke rumah.

Rumah itu terletak di di Kompleks Puri Cipageran 1

Terkait kondisi rumah Ajat Sudrajat ini, Pemkot Cimahi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman akan mengupayakan perbaikan melalui anggaran pemerintah. 

Kepala Seksi Drainase Kota DPKP Cimahi, Sambas Subagja, mengatakan, DPKP memiliki program untuk rumah tidak layak huni atau rutilahu yang terdampak bencana bencana.

Melalui program ini, pihaknya akan berupaya melakukan perbaikan rumah Ajat Sudrajat. 

"Tapi dengan catatan ada asesmen dari BPBD bahwa rumah ini memang rusak karena bencana," ujar Sambas di tempat kejadian, Senin (22/11/2021).

Sambas menyebutkan, setelah pengajuan ke BPBD dan mendapat asesmen, maka pihaknya akan berupaya memberikan bantuan untuk perbaikan rumah Ajat Sudrajat yang rusak parah dihantam longsoran tebing sungai. 

Namun sebelum mengajukan anggaran perbaikan, Sambas menegaskan, pihaknya akan memastikan kondisi tebing sungai yang longsor aman. 

"Jika belum aman kan percuma, dikhawatirkan akan terjadi bencana lagi," katanya. 

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang dhimpun Tribunjabar.id, longsor terjadi pada Jumat sekitar pukul 13.00 setelah sebuah bidang benteng warga di atas rumah Ajat Sudrajat ambrol.

Runtuhan benteng yang berada di atas aliran sungai ini menimpa rumah Ajat.

Tak ayal dinding rumah Ajat pun jebol dan membuat aliran sungai lansung masuk ke rumahnya. (kemal setia permana )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved