Operator Ini Pastikan Layanan Normal di Daerah Bencana, Karyawan Ikut Bantu Korban Banjir

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan saat ini layanan tetap normal di sebagian besar wilayah terdampak banjir

Editor: Siti Fatimah
dok XL Axiata

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Musim hujan yang melanda di Indonesia mengakibatkan sejumlah daerah dilanda banjir. Sebagai layanan operator, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan saat ini layanan tetap normal di sebagian besar wilayah terdampak banjir.

Tim XL Axiata berupaya keras menjaga kualitas jaringan telekomunikasi dan data di area terdampak bencana, baik dengan memastikan beroperasinya infrastruktur maupun dengan rekayasa jaringan.

Langkah-langkah antisipasi telah dijalankan oleh tim teknis XL Axiata guna menghadapi berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam di sejumlah area rawan bencana di seluruh provinsi sejak mulai meningkatnya curah hujan.

Baca juga: 39 Titik di DAS Sungai Cimanuk Majalengka Rawan Banjir, Pemukiman Terdampak Bencana

Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan kondisi infrastruktur jaringan, juga guna menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terlanda bencana.

Tak hanya memastikan keandalan jaringan, Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Majelis Taklim (MTXL) ikut serta menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir di sejumlah daerah.

Bantuan kemanusiaan ini telah disalurkan ke Batu Jawa Timur dan menyusul ke Sanggau, Kalimantan Barat. Seluruh bantuan ini mulai disalurkan secara bertahap sejak awal November 2021.

Head Bid Management & Business Intelligence XL Axiata sekaligus Ketua MTXL, Yanuar Tirta Kumaya mengungkapkan, “Sebagai bagian dari keluarga besar XL Axiata, MTXL terus berkomitmen untuk turut hadir di tengah masyarakat, khususnya dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial dan bencana.

Bantuan Fasilitas Air Siap Minum
Bantuan Fasilitas Air Siap Minum (dok XL Axiata)

Baca juga: Kagetnya Jamal Pria Indramayu saat Mau Ziarah ke Makam Istrinya, Ternyata TPU Terendam Banjir

Melalui MTXL, karyawan berinisiatif untuk sesegera mungkin menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan yang disalurkan terutama berupa sembako dan obat-obatan, serta beberapa bahan kebutuhan darurat, seperti makanan cepat saji, air minum dalam kemasan, dan peralatan mandi.

Agar sampai kepada warga secara tepat sasaran, bantuan disalurkan melalui petugas yang berwenang.

Di Batu, Jawa Timur bantuan dikirimkan kepada warga Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Sedangkan untuk Sanggau, bantuan dari karyawan XL Axiata nantinya akan disalurkan melalui posko warga di Desa Sentana, Kecamatan Kapuas.

Baca juga: Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Diterjang Banjir

Bantuan Fasilitas Air Siap Minum

Sementara itu, melihat tingginya kebutuhan terhadap air siap minum di berbagai daerah,  MTXL secara bertahap menyalurkan bantuan berupa mesin Water Station dengan teknologi reverse osmosis (RO).

Dari sistem RO ini menghasilkan penyaringan air dengan daya saring tinggi yang tidak hanya mampu menjernihkan tetapi juga menyaring molekul besar sehingga menghasilkan air yang aman dikonsumsi.

Untuk tahap awal, pendistribusian Water Station ini dilakukan di lima masjid yang tersebar di Kota Bandung dan sekitarnya. Bekerjasama dengan Yayasan WIN Inovasi Nusantara Bandung, bantuan akan disalurkan ke Masjid Daarut Tauhid, Masjid Besar Cipaganti, Masjid Al Murobbi, Masjid Al Manar, dan Masjid Al Miraj KM 97.

Baca juga: Langganan Banjir saat Musim Hujan, Ribuan Hektar Sawah di Majalengka Terancam Gagal Panen

Keberadaan Water Station ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam memastikan ketersediaan air minum kepada masyarakat khususnya jamaah dan para pencari nafkah di sekitar masjid seperti pengemudi ojek pangkalan, ojek online, hingga pedagang kaki lima. 

Donasi ini bersumber dari infaq para karyawan yang dikelola oleh Majelis Taklim XL Axiata (MTXL), dengan adanya mesin filtrasi ini diharapkan dapat menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat sekitar dalam mendapatkan suplai air minum gratis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Terlebih, donasi ini juga diharapkan mampu meringankan beban biaya dan operasional DKM dalam penyediaan air minum.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved