Breaking News:

Suara Takbir Menggema dari Pengeras Suara Traffick Light di Kota Tasikmalaya, Iringi Gerhana Bulan

Takbir menggema di seluruh traffick light yang dilengkapi pengeras suara di persimpangan jalan di Kota Tasikmalaya, Jumat (19/11) sore.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/FIRMAN SURYAMAN
Takbir menyambut gerhana bulan berkumandang dari pengeras suara traffic light di setiap persimpangan jalan di Kota Tasikmalaya, Jumat (19/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Takbir menggema di seluruh traffick light yang dilengkapi pengeras suara di persimpangan jalan di Kota Tasikmalaya, Jumat (19/11) sore.

Takbir mengagungkan nama Allah SWT yang disiarkan dari kantor Dishub Kota Tasikmalaya ini mengiringi gerhana bulan Jumat sore.

Sejumlah warga yang ditemui, awalnya mengaku heran ada takbir menggema dari setiap pengeras suara lampu lalu-lintas persimpangan jalan.

Namun setelah mengetahui sedang terjadi fenomena alam gerhana bulan, warga langsung mengapresiasi.

"Alhamdulillah ada takbir di pengeras suara yang bikin haru. Awalnya heran tapi ternyata ada gerhana bulan," kaya Reza (42), warga Jalan Lengkong.

Ia mengaku mendengar kumandang takbir di persimpangan Taman Kota, Jalan KHZ Mustofa-Jalan Cihideung serta kawasan Alun-alun.

Mengutip data dari bmkg.go.id, gerhana bulan terjadi pukul 16.02.56 WIB, dengan diiringi fase sebelum dan sesudah puncak gerhana.

Sedangkan hukum syariah terkait kumandang takbir saat gerhana adalah sebahai berikut :

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari 1044). 

Dalam hadits itu disebutkan sejumlah kegiatan yang dilakukan sat ada gerhana, salah satunya mengumandangkan takbir. (*)

Baca juga: Doa saat Gerhana Bulan Sebagian Hari Ini 19 November 2021, Ini Waktu Gerhana untuk WIB, WITA & WIT

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved