Breaking News:

Peternak Ayam di Ciamis Kelimpungan, Telur dari Blitar Dijual Lebih Murah, Dipasok Langsung ke Pasar

Dalam dua minggu ini harga telur ayam ras di peternak di Ciamis mendadak turun drastis, setelah sempat naik ke Rp 23.000/kg  awal pekan kedua November

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Peternak ayam di Ciamis 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Dalam dua minggu ini harga telur ayam ras di tingkat peternak di Ciamis mendadak turun drastis, setelah sempat naik ke angka Rp 23.000/kg  awal pekan kedua November lalu.

Sementara tingkat harga di tingkat peternak Jumat (19/11) hanya Rp 20.500/kg.

Bahkan ada yang terpaksa menjual dengan harga Rp 20.000/kg.

Penyebab utama anjloknya harga telur di tingkat peternak di Ciamis tersebut, menurut H Kuswara Suwarman, pengelola peternakan Tanjungmulya Grup Panumbangan lantaran masuknya telur dari Blitar (Jatim).

“Telur dari  Jawa (maksudnya Blitar) lagi banyak, bebas mengalir ke Ciamis,” ujar H Kuswara Suwarman yang juga Sekretaris Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (P2AP) kepada Tribun Jumat (19/11).

Telur dari beberapa daerah di Jawa tersebut seperti dari Blitar dan daerah lainnya dipasok langsung ke pasar-pasar di Ciamis dan Tasikmalaya.

“Tidak terlalu sulit memantaunya, telur-telur itu diangkut dengan truk dengan nomor polisi AA atau AG,” katanya.

Tidak hanya langsung didrop ke pasar-pasar, telur dari berbagai daerah di Jawa tersebut ada juga yang ditampung di  poultry shop.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved